Penyaluran Program KIS Amburadul

Korantangerang.com – Adanya program Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang digulirkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial dan Kesehatan untuk masyarakat miskin di Kabupaten Tangerang disinyalir amburadul.

Dari hasil pantauan Koran Banten dilapangan menemukan, salah data tanggal lahir, kartu ganda, salah lokasi RT dan RW, nama yang sudah meninggal muncul kembali, dan lainnya. Selain itu juga program ini diduga tidak tepat sasaran, banyak masyarakat miskin yang tidak mendapatkan kartu tersebut.

Seperti Halnya yang dikatakan Zakaria Kepala Desa Pasir Kecamatan Kronjo saat Koran Banten kunjungi kekantornya, Desa Pasir mendapatkan kurang lebih 300 Kartu Indonesia Sehat. “Itu pun banyak terjadi kesalahan data bahkan ada kartu salah alamat untuk warga Desa Kronjo tetapi hal tersebut kami sudah sampaikan laporannya kepada pihak kecamatan,” katanya.

Demikian pula halnya yang dialami Maska (30) warga Desa Jatimulya Kecamatan Sepatan Timur yang mendapatkan Kartu Indonesia Sehat, dirinya mengatakan telah mendapatkan KIS, tetapi tanggal lahir yang tertera pada Kartu berbeda dengan tanggal lahir yang tertera pada KTP. “Bagaimana kalau digunakan, apa rumah sakit mau menerimah karna data yang salah, kenapa hal itu sampai terjadi,” ungkapnya.

Dengan adanya informasi yang didapat, hingga kini masyarakat mempertanyakan kapan terjadi pendataan. Mereka berharap agar pemerintah dapat menindak tegas oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, bila perlu KPK dan BPK turun untuk memeriksa lembaga-lembaga Negara yang melaksanakan program KIS tersebut.(Yan)