Pentingkah Internet 5G?

Saat di Indonesia masyarakat belum sepenuhnya beralih ke 4G LTE, bahkan 3G pun masih belum maksimal penggunaannya. Para pelaku industri telekomunikasi dunia dalam ajang Mobile Word Congress (MWC) 2016 telah mengumumkan internet generasi ke-5 atau internet dengan kecepatan 5G. Menurut Matt Gorb, CTO Quallcom mengatakan 5G bukan hanya bicara soal kecepatan, tetapi generasi 5G juga akan menghadirkan kecepatan transfer data hingga puluhan gigabyte per detiknya.

LoT jaringan 5G akan membantu mewujudkan konsep smart city dan smart home dengan coverage yang lebih merata dan kecepatan transfer data tinggi. Mobil-mobil otomatis bakal terhubung dengan pusat data dan aneka sensor yang tersebar di tiap penjuru kota. Keamanan tinggi dipadu dengan latency yang rendah dari jaringan 5G disebut Grob akan memungkinkan aneka skenario lain terkait mission critical services atau layanan yang membutuhkan realibity yang juga tinggi, layaknya mobil-mobil yang terkait jaringan 5G tadi.

“Ini tak hanya berlaku untuk industri saja, namun bisa juga di bidang medis seperti konsultasi antara dokter dan pasien, hingga balapandrone dan real time control. Kita akan punya itu semua,” kata Matt. @Dhea (berbagai Sumber)