Pengenalan Siswa Baru Tanpa Plonco

korantangerang.com – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) atau yang dulu lebih dikenal dengan istilah MOS, boleh jadi sebelumnya adalah hari yang paling merepotkan dan membuat deg-degan siswa-siswi baru. Sebab tidak jarang para siswa baru ini ‘dikerjai’ oleh kakak kelasnya dengan mengharuskan mereka mengenakan atribut-atribut nyeleneh.

Namun untuk tahun ajaran baru ini, kegiatan seperti itu dipastikan tidak ada lagi. Sebab sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 18/2016 kegiatan PLS harus bersifat edukatif dan menyenangkan. Kegiatan PLS juga harus dalam rangka mengenalkan kondisi sekolah dengan segala yang ada, mulai dari fasilitas sekolah, SDM, budaya dan tata tertib serta program sekolah.

Di SMAN 2 Kota Tangerang misalnya. Di sini, tidak ada perploncoan yang dilakukan terhadap siswa baru. Sebab, kegiatan ini sepenuhnya dikendalikan oleh pihak sekolah. Panitia PLS SMAN 2 Kota Tangerang, Sutanto menjelaskan, untuk di sekolahnya para siswa lebih diperkenalkan mengenai tata tertib, etika dan budaya sekolah dan Aditwiyata dan segala fasilitasnya.

“Jadi misalkan, kalau siswa mau meminjam fasilitas sekolah aturannya kayak gimana itu yang lebih ditekankan,” ujar Sutanto saat ditemui di sekolahnya Jalan TMP Taruna, Kelurahan Suka Asih, Kecamatan Tangerang, Selasa (19/7/2016). Selain mengenalkan tata tertib di sekolah, pihaknya mengenalkan para siswa dengan seluruh dewan guru yang ada. “Selain itu kita hadirkan motivator juga dalam rangka pengembangan diri dan mengenalkan program sekolah, kreasi seni dan ekstrakurikuler,” jelasnya.

PLS sendiri diadakan dari Senin (18/7/2016) sampai Rabu (20/7/2016), namun Sabtu sebelumnya mereka sudah masuk dalam rangka Pra PLS. “Selain itu, yang membedakan pada tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah, bila tahun sebelumnya siswa baru masih mengenakan seragam putih biru, maka kini mereka langsung mengenakan putih abu-abu, karena itu memang siswa kami, bukan calon lagi,”terangnya.

Sementara salah seorang siswa baru, Michaela Sherry J mengaku kegiatan ini PLS yang diadakan di SMAN 2 seru. “Dapat temen baru juga, terus sekolahnya juga bagus, nyaman,” katanya. Pada hari pertama siswi asal SMP Strada Slamet Riyadi Tangerang ini mengaku dirinya ikut kegiatan upacara, sedangkan hari kedua dirinya ikut kegiatan agama. “Habis itu diminta masuk kelas dan dijelasin tentang peraturan sekolah ini, yah..gitu deh. Pokoknya serulah,” pungkasnya. @ADVERTORIAL/HMS