Pengemudi HEBAT Lakukan Ini saat Berkendara Mudik

korantangerang.com – Keselamatan berlalu lintas adalah hal diharapkan semua pihak selama musim mudik. Ketertiban pengemudi dalam menaati peraturan keselamatan adalah yang utama untuk menghindari berbagai risiko kesehatan individu dan keselamatan massal dari penumpang yang dibawa.

Untuk menjamin keselamatan dan kebaikan bersama, setiap pengemudi bisa menjadi pengemudi HEBAT dengan lima saran ini, seperti diimbau oleh Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga serta Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI 2016.

H: untuk hindari berkendara saat kondisi tubuh tidak sehat, ngantuk, dan kelelahan. Hindari berkendara saat stres atau setelah minum obat yang membuat kantuk.

E: untuk enyahkan rokok dan alkohol terutama jika akan berkendaraan. Alkohol atau zat aditif (seperti amfetamin, sabu-sabu dan minuman beralkohol) wajib dihindari pengendara karena dapat menyebabkan emosi labil, tidak sadarkan diri, sampai kerusakan otak.

B: untuk beri pertolongan segera, bila terjadi kecelakaan

A: untuk ayo istirahat jika kelelahan saat mengemudi. Setelah mengemudi selama empat jam berturut-turut wajib untuk beristirahat selama minimal 20 menit dan lakukan peregangan

T: untuk tetap ingat penumpang mempunyai risiko akibat kecelakaan yang sama dengan pengemudi. Oleh karena itu jaga kecepatan yang wajar saat berkendara, hindari membawa beban atau orang melebihi kapasitas kendaraan. @DF