Pengemis Bermodus Sumbangan Korban Aceh Ini Nekat Panjat Tower

 

Pengemis bermodus sumbangan untuk korban Aceh berhasil dijangkau petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat. Pengemis bernama Agustinus (48) asal Flores yang terkenal dengan sebutan Agus Tower ini sempat nekat memanjat tower Greenville dekat Universitas Trisakti.

“Agus yang memanjat tower pada Jumat di Kebon Jeruk ini pernah membawa kotak amal peduli aceh di kawasan Senen Jakpus tanpa membawa surat ijin Pengumpulan Uang dan Barang, kata Susana Budi Susilowati Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Jumat (16/12).

Pihaknya sebelumnya mendapati Agus Tower di dekat lampu merah Pasar Senen. Di sana belum setengah jam ia beroperasi tapi sudah mendapatkan Rp.145.000. Akhirnya petugas menjangkau dan membawanya ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya.

Kepala Tata Usaha Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya, Ruminto menjelaskan, bahwa Agus Tower pernah berusaha kabur dari panti naik ke atas gedung dan keluar dari panti.

“Dia menggunakan tower di Jl. Arteri Kedoya, Greenville
Kel. Kedoya Utara Kec. Kebon Jeruk
RT 05/11 Sebelah RS. Graha Kedoya dalam menjalankan aksinya untuk mencari perhatian orang,” kata Ruminto.

Agus Tower memang kerap protes dengan kebijakan pemerintah. Ia merasa pemerintah sering bersikap tidak adil bagi dirinya.

“Pemerintah tidak benar selalu pilih kasih dan menjelek-jelekan pemerintah terutama pemda. Dia juga sering ikut orasi dan demo-demo masalah buruh dan sebagainya,” ujar Ruminto.

Pihaknya menduga ada yang memfasilitasi untuk membeli kain spanduk dan cat ketika ia beraksi.