Pemuda Modal Besar dalam Pembangunan Kota

KORANTANGERANG.com – Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, menyampaikan, pemuda sebagai generasi penerus bangsa berperan penting dalam pembangunan negeri ini. Pemuda bukanlah objek pembangunan, tetapi pemuda harus menjadi pelaku pembangunan dan tulang punggung dalam upaya memajukan kota dan bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Wali Kota saat membuka Festival Kampung Pemuda, Kamis  (27/10) di Eco Park, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari.

Dikatakannya, pemuda sangat berperan dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa ini. Para pemuda di Kota Tangerang harus mampu menjadi pemuda yang kuat, handal, dan siap bersaing ditengah arus kemajuan globalisasi saat ini. Untuk itulah, pemuda dan pemudi di Kota Tangerang harus terus dibangun dari berbagai aspek, seperti mental dan spiritualnya, karakternya, dan harus bisa menjadi generasi yang mampu berdaya saing.

Berbagai upaya juga terus diupayakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, dengan memfasilitasi berbagai kegiatan pemuda, seperti halnya melalui ajang Kampung Pemuda ini. Kemudian, memberikan berbagai pelatihan keterampilan yang disediakan di Balai Latihan Kerja (BLK) ataupun pembinaan melalui organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia, karang taruna.

Mengingat jumlah pemuda di  Kota Tangerang sangat banyak, tentunya harus mampu dikelola menjadi sebuah modal besar dalam pembangunan di Kota Tangerang. Ke depan, tutur Arief, kita harus terus mendorong para pemuda di setiap kecamatan dan kelurahan, agar menjadi pemuda yang semakin mandiri dan unggul, yang siap untuk turut serta dalam membangun dan memajukan Kota Tangerang yang semakin maju dan sejahtera.

“Latih dan berdayakan terus para pemuda, dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mereka. Seperti melalui pelatihan, pembinaan, serta ruang berkreasi agar semakin  unggul, terampil, inovatif dan kreatif dalam mengelola setiap peluang dan kesempatan yang ada,” serunya, seraya meminta para pemuda untuk terus berperan aktif dalam menjaga  kebersihan lingkungan. Dengan digelarnya Festival Kampung Pemuda di ruang terbuka hijau, Eco Park pada hari, juga untuk senantiasa mengingatkan para pemuda di Kota Tangerang untuk senantiasa peduli terhadap kebersihan dan penghijauan lingkungan.

Mengakhiri paparannya, Arief juga berpesan, agar program-program pemerintah seperti halnya Festival Kampung Pemuda ini, agar tidak menjadi kegiatan ceremonial saja, tapi harus terus berkesinambungan agar hasilnya pun semakin terasa nyata dan berdampak pada kemajuan kota dan masyarakat Kota Tangerang. @ADVERTORIAL/HMS