Pemkot Tangerang Terapkan Sistem e-Absensi

korantangerang.com – Upaya menuju pelayanan pemerintah berbasis eletronik (e government) oleh Pemkot Tangerang terus digalakkan. Yang terbaru, adalah dengan menerapkan sistem e-absensi. Dengan adanya sistem ini, ke depan secara perlahan absen sistem manual akan ditinggalkan, termasuk absen finger print.

Sistem ini mulai diujicoba pada Senin (11/7/2016) pagi sesaat sebelum dilaksanakan apel pagi dan halal bihalal dalam rangka hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H. Walikota Tangerang H. Arief R Wismansyah mengatakan, ke depan Pemkot Tangerang menargetkan sudah terbangun sebuah sistem e government sehingga pemda bisa memantau pegawai yang hadir dan tidak hadir, izin dan sebagainya.

“Ini juga sesuai arahan Pak Menpan RB saat berkunjung ke sini beberapa waktu lalu, beliau menginginkan agar absen bisa terpantau secara online dan realtime. Nah ini datanya kan real time,” kata Walikota. Walikota juga menambahkan, ke depan akan terus dilakukan sosialisasi sehingga semuanya akan beralih dari sistem manual kepada sistem e absensi. Walikota menambahkan, sistem ini akan diberlakukan secara menyeluruh bukan hanya kepada para PNS, akan tetapi termasuk pegawai non PNS. “Termasuk dengan tenaga harian lepas,”jelasnya.

Dengan demikian, pemda bisa memantau bukan hanya pegawai tetapi juga petugas di lapangan. “Jadi kita bisa melihat sejauhmana kedisiplinan pegawai Pemda Kota Tangerang dengan sistem e-government ini,” ujarnya. Walikota melanjutkan, dirinya menargetkan sistem e absensi ini sudah berjalan secara penuh dalam sebulan ini. “Mudah-mudahan sudah terimplementasi dalam sebulan ini Insya Allah,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kota Tangerang ini juga menekan, penerapan sistem ini merupakan jawaban atas tantangan dalam meningkatkan kualitas SDM pegawai di Kota Tangerang. “Sebab ini sudah era globalisasi, mau tidak mau pegawai harus paham dan melek teknologi,” jelasnya. Dengan sistem ini, kata Walikota sebetulnya tidak sulit, namun hanya harus membiasakan saja. “Kita tinggal buka skptangerangkota.go.id login, nah mucul token tinggal dimasukkan saja,” jelasnya. @ADVERTORIAL/HMS