Pemkot Tangerang Akan Terus Tingkatkan Peran BKM

Pemkot Tangerang Akan Terus Tingkatkan Peran BKM
KORANTANGERANG.com – Masyarakat adalah komponen penting dalam menyukseskan berbagai program pembangunan.
Paparan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Tangerang, pada Rapat Koordinasi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah, kepala seksi ekonomi dan pembangunan, dan  ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) se- Kota Tangerang, Selasa (06/12) di Ruang Al Amanah.
Partisipasi masyarakat, kata wali kota, salah satu kunci suksesnya pembangunan. Tanpa adanya partisipasi masyarakat, dapat berakibat pada kurang maksimalnya capaian program-program pembangunan dan kurang terbangunnya kesadaran, kepedulian dari masyarakat terhadap lingkungan dan kemajuan daerah.
Oleh karena itu, Pemerintah Kota  (Pemkot) Tangerang, terus berupaya melibatkan masyarakat didalam kegiatan pembangunan Kota Tangerang. Seperti halnya Program Tangerang Berbenah, yang telah digulirkan sejak tahun lalu, sebagai upaya menata kota agar semakin nyaman dan layak. Di mana, untuk mewujudkannya, Pemkot turut melibatkan masyarakat agar setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan dapat memenuhi harapan, kebutuhan dan bermanfaat  bagi masyarakat.
Seperti program bedah rumah, jamban sehat. Dalam pelaksanaan program ini, dilakukan secara swadaya, melibatkan pimpinan wilayah serta masyarakat. Dengan tujuan dalam rangka menumbuhkan gotong royong yang juga bagian dari cerminan dari Kota Cerdas, yang mendorong adanya keterlibatan warga.
Diakuinya, dari Program Tangerang Berbenah tersebut, keterlibatan aktif dari masyarakat terutama melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang berada di setiap kelurahan dapat turut mendorong kepedulian masyarakat dan turut memacu percepatan pembangunan karena pengerjaannya dilakukan secara swadaya dengan masyarakat yang ada di tiap wilayah.
Makanya tidak mengherankan, jika banyak masyarakat yang menyambut baik program tersebut. Ke depan, tutur Arief, Pemkot akan terus mendorong keterlibatan masyarakat. Seperti kegiatan infrastruktur melalui BKM, urusan perempuan dan anak melalui PKK, Posyandu, kepemudaan melalui karang tauna serta organisasi kemasyarakatan lainnya untuk terlibat dalam proses pembangunan.
“Yang pasti, setiap pelaksanaannya dilakukan sesuai koridor aturan dan dilakukan pengawasan dengan baik, sehingga usaha Pemkot untuk mewujudkan Kota Tangerang yang semakin maju, sejahtera serta layak huni di masa depan dapat dirasakan oleh seluruh mayarakat Kota Tangerang,” pesannya. @ADVERTORIAL/HMS

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.