Pemkot Kembangkan Aplikasi Pemantau Pelayanan, Pelayananan Masyarakat jadi Lebih Efektif dan Efisien

Pemkot Kembangkan Aplikasi Pemantau Pelayanan, Pelayananan Masyarakat jadi Lebih Efektif dan Efisien

korantangerang.com – Guna terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Tangerang mengoptimalkan segala potensi yang ada termasuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pemanfaatan TIK dalam pelayanan kepada masyarakat ini diwujudkan diantaranya dengan mengembangkan berbagai aplikasi yang terintegrasi dengan hampir seluruh sistem pelayanan yang dapat dipantau di Tangerang LIVE Room,  ruang pantau terpadu (Command Center)  yang dimiliki oleh Kota Tangerang.

Nah, untuk memastikan bahwa semua aplikasi yang telah dibangun tersebut berjalan dengan baik dan digunakan sebagai mana yang diharapkan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) saat ini tengah mengembangkan aplikasi yang berfungsi untuk memantau tingkat penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut.

Kepala Dinas Kominfo H. Muhtarom menjelaskan bahwa pengembangan aplikasi pemantau aplikasi tersebut sejalan dengan semangat percepatan pembangunan dengan mengedepankan sistem pemerintahan yang  efektif  dan efisien. “Jadi diharapkan dengan adanya aplikasi ini, seluruh apliaksi dapat dipantau penggunaanya. Jangan sampai ada yang tingkat penggunaannya tidak efektif.” Tegas Muhtarom saat memimpin briefing di Ruang Tangerang LIVE, Selasa (3/4/2016).

“Diharapkan dengan adanya aplikasi pemantau tingkat penggunaan aplikasi-aplikasi yang ada ini, pelayanan dapat berjalan dengan lebih baik lagi karena secara teknis dapat lebih mudah dipantau.  Sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan.”  Ujarnya.

Sementara itu, Adhi Zulkifli, Kepala Seksi Pengembangan E-Government Diskominfo menjelaskan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan saat ini yakni: Aplikasi Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA) dapat diakses melalui smartphone.  Dengan aplikasi LAKSA, masyarakat dapat menyampaikan saran maupun keluhan dengan mudah kepada Pemerintah Kota Tangerang.   Tidak hanya melalui aplikasi LAKSA, masyarakat bisa menyampaikan saran maupun keluhannya melalui Email, Twitter, Facebook, SMS, Instagram, maupun Path yang dimiliki Kota Tangerang.

Website Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat dipantau dengan Dashboard Website OPD yang dapat diakses oleh operator Diskominfo. Operator dapat mengetahui update apa saja yang dilakukan oleh OPD terhadap website yang dimilikinya,  termasuk yang lambat dalam mengupdate konten websitenya.

Selanjutnya ada Aplikasi SIAP merupakan aplikasi yang digunakan untuk memantau kegiatan yang berada di Kecamatan maupun Kelurahan. Bahkan untuk mengetahui penerima bantuan beras miskin (raskin) dapat diketahui melalui aplikasi ini, sehingga dapat mencegah penyaluran yang salah sasaran.

Aplikasi e-Kinerja merupakan aplikasi untuk memantau Sasaran Kerja Pegawai (SKP) untuk mengetahui target yang sudah dicapai oleh pegawai tersebut, baik bagi pegawai yang sudah input SKP maupun yang belum.

“Aplikasi-aplikasi tersebut memudahkan pemantauan terhadap tingkat pemanfaatan aplikasi yang sebelumnya sudah dibangun dan diintegrasikan. Jadi semua dapat dimanfaatkan secara optimal.”pungkas Adhi. @Advertorial

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.