Peduli Keamanan,Kepala Desa Sentul Bekali HT Kepada Ketua RW dan RT

Peduli Keamanan,Kepala Desa Sentul Bekali HT Kepada Ketua RW dan RT

korantangerang.com – Pada umumnya, petugas keamanan seperti Polisi dan TNI, jika dibekali alat komunikasi Handy Talky (HT) sebagai alat untuk menyampaikan informasi seperti adanya kejadian atau lainnya mungkin sudah hal yang biasa dan sepatutnya.

Namun bagi petugas pengurus lingkungan Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) jika dibekali alat komunikasi di Desa Sentul Kecamatan Balaraja yang dipimpin oleh Kepala Desa (Kades), Nawawi suatu terobosan baru, untuk menjaga lingkungan Desa.

Nawawi menginisiasi langkah tersebut, dengan membekali para Ketua RW dan RT yang dipimpinnya, dengan memberikan sebuah alat komunikasi berupa Handy Talky (HT).

Hal tersebut dilakukannya, yakni untuk meningkatkan keamanan Desa dan mempermudah petugas dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dengan adanya perangkat komunikasi tersebut, dapat mempermudah dan membantu tugas aparat Kepolisian dan TNI melakukan pengamanan dan menyampaikan informasi dengan cepat.

“Alat HT ini kami berikan kepada para Ketua RW dan RT, sebagai sarana pendukung mereka dalam menjalankan tugas kamtibmas. Selain itu juga, menyampaikan informasi setiap adanya kejadian yang ada di masyarakat dengan cepat dan tanggap,”ungkapnya.

Kepala Desa Sentul yang akrab disapa dengan sebutan Lurah Keong ini mengutarakan, Ketua RW dan RT yang diberikan sarana alat komunikasi HT tersebut berjumlah 20 orang, yang tersebar di seluruh Desa Sentul, yang dibekali perangkat komunikasi HT tersebut.

“Untuk saat ini, ada 20 orang yang diberikan HT, saya berikan atau bekali alat komunikasi HT agar menunjang pengurus untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar keberadaan perangkat desa bisa lebih berbaur dengan masyarakat, serta menjaga keamanan dan ketentraman di dalam bermasyarakat, untuk seluruh HT ini dibeli dengan menggunakan anggaran dana desa,” ucapnya.

Dikatakannya, Ketua RW dan RT bertugas menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas). Bahkan mereka juga, melakukan pengamanan dengan berpatroli keliling kampung. Hal itu dilakukan, agar masyarakat merasa tenang dan nyaman. Sehingga tidak perlu khawatir dari aksi pencurian, ataupun tindakan kejahatan lainnya.

“Selain berpatroli keliling kampung, seluruh pengurus RW dan RT sudah membuat jadwal ronda di masing-masing wilayahnya, dan juga melakukan pengamanan dengan cara ronda bareng bhabinkamtibmas dan binamas, bilamana terjadi kejadian agar langsung cepat tanggap,” ujarnya.

“Kami juga berikan alat komunikasi HT tersebut, ke petugas Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa sebagai koordinatornya. Jadi nantinya, Ketua RW dan RT seperti dapat berkoordinasi dengan mereka,”pungkasnya.

Camat Balaraja, Mas Yoyon Suryana mengapresiasi langkah kinerja Kepala Desa Sentul,  Nawawi yang memberikan sebuah perangkat komunikasi Handy Talky (HT), sebagai sarana pendukung komunikasi dalam bertugas melakukan pengamanan kepada Ketua RW dan RT di Desa tersebut dan juga kepada petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Saya sangat mengapresiasi sekali, inisiasi yang dilakukan Kepala desa, yang telah memberikan perangkat komunikasi HT sebagai alat pendukung informasi kepada pengurus lingkungannya,”ujarnya.

Diakuinya, bahwa memang baru kali pertamanya, Kades memiliki inisiasi memberikan fasilitas alat komunikasi berupa HT kepada RW dan RT, Dengan dibekalinya alat komunikasi tersebut, agar dapat memberikan informasi kegiatan yang ada di masyarakat. Sehingga, dapat terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di Desa tersebut.

“Harapan saya langkah baik dan positif ini, dapat diikuti Kepala Desa (Kades) lainnya di Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang ini,”ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Balaraja mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah Kepala Desa Sentul, dengan membekali perangkat komunikasi Handy Talky (HT) untuk meningkatkan keamanan dan kondusifitas di Desa tersebut.

“Kami apresiasi Inisiasi Kades tersebut, mudah-mudahan dengan adanya alat komunikasi HT itu dapat memudahkan Ketua RW dan RT berkoordinasi dengan petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat,”ujarnya.

Keberadaan Ketua RW dan RT, tidaklah bisa dipungkiri. Karena mereka juga memiliki peran krusial dalam membantu keamanan di kampung-kampung. sangatlah membantu kerja Polri-TNI dalam menjaga keamanan dan situasi kondusif.

“Saya berharap, peran Ketua RW dan RT ini terus ditingkatkan. Sehingga dapat membantu aparat kepolisian dan TNI dalam pengamanan,”ungkapnya.
(Mulyadi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.