PDAM Terus Tingkatkan Cakupannya Penuhin Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Kota Tangerang

Korantangerang.com – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyampaikan, Kota Tangerang secara keseluruhan masih minim akses air bersih.

Dari seluruh wilayah, baru 4 kecamatan yang mendapatkan akses air bersih dari badan usaha milik daerah (BUMD) di bidang penyediaan air bersih, yaitu PDAM Tirta Benteng.

“Masyarakat yang baru dapat akses air bersih dari PDAM Tirta Benteng sampai sekarang ini baru di Kecamatan Neglasari, Benda, Batu Ceper, Cipondoh, sedang wilayah kecamatan yang lain belum,” kata Arief

Dengan demikian, ada beberapa kecamatan selain yang disebutkan Arief yang belum mendapatkan akses air bersih atau masih memanfaatkan air tanah.

Meski begitu, Arief memastikan, pihaknya sudah meminta PDAM Tirta Benteng untuk memperluas jaringan perpipaan agar warga di beberapa kecamatan yang belum mendapat akses air bersih , bisa mendapat akses air bersih secara maksimal.

“Perluasan jaringan pipa di zona yang mencakup kecamatan Pinang, dan daerah kunciran,Cipete, ada jaringan pipa kecil yang sedang di bangun (MBR) sebanyak 5.000 sambungan, padahal penduduknya sudah hampir 800.000 (jiwa) di sana,” tutur Arief. 

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah berjanji untuk terus memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, terutama terkait dengan kebutuhan air bersih.

“Saat ini kita sedang membangun  jaringan air bersih, termasuk untuk masyarakat Larangan dan Ciledug. Kita fokus kembangkan di Zona tersebut,” ujar Arief , saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi kampung sehat yang dilaksanakan di RT 01/05 kelurahan kreo beberapa waktu yang lalu. 

Saat ini, Pemkot Tangerang memang sedang gencar menambah cakupan layanan air bersih terutama untuk masyarakat yang tidak mampu. Berdasarkan data yang ada sampai saat ini Pemkot Tangerang lewat PDAM Tirta Benteng sudah membangun 41 ribu sambungan air bersih, atau naik 8 ribu sambungan dibanding tahun lalu.

“Namun ini akan terus kita tingkatkan cakupannya, agar masyarakat bisa menikmati layanan air bersih,” pungkasnya.