Pakai Baju Warna Cerah Bisa Bikin Lebih Bahagia, Mengapa?

Pakai Baju Warna Cerah Bisa Bikin Lebih Bahagia, Mengapa?

Sebagian besar orang masih banyak yang menggemari busana dengan warna-warna aman dan netral. Sebut saja warna hitam, putih, pastel, coklat dan navy.

Penggunaan busana berwarna terang atau cerah masih belum banyak dilakukan lantaran khawatir menjadi pusta perhatian atau dinilah norak. Padahal, mengenakan busana berwarna terang sesungguhnya bisa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan, misalnya saja membuat pemakainya merasa lebih bahagia. Bagaimana bisa?

“Penelitian menunjukkan bahwa ragam warna bisa menimbulkan efek psikologis yang kuat. Saat kita melihat warna, sistem syaraf pada otak akan merespon dan menyebabkan kelenjar hypotalamus melepaskan hormon-hormon tertentu,” tutur Jules Standish, seorang penulis buku ‘How Not To Wear Black’.

Penggunaan warna hangat dan terang, seperti pink, oranye, atau kuning, bisa membuat otak melepaskan dopamine yang dikenal sebagai hormon bahagia. Hormon bisa meningkatkan mood positif, lebih waspada hingga meningkatkan gairah seksual. Sementara, warna-warna sejuk, seperti biru dan hijau dapat memicu melepaskan hormon oksitosin sehingga membuat mood lebih tenang.

Menggunakan pakaian berwarna cerah dalam satu busana memang memerlukan kehati-hatian. Salah-salah penampilan Anda justru terlihat mencolok.

Kuncinya, Anda bisa memadukan warna-warna terang dengan warna gelap, atu hanya menjadikannya sebagai aksen pada busana. @SINTA

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.