NASA Butuh Setahun Unduh “Puluhan Gigabyte” dari Pluto

2230142new-horizon780x390New Horizon, wahana antarkisa milik lembaga antariksa Amerika Serikat NASA telah terbang melintasi Pluto pada Juli lalu dan mengumpulkan data.

NASA pun mulai proses pengunduhan (downlinking) data yang dikumpulkan New Horizon tersebut. Namun proses tersebut diprediksi bakal membtuuhkan waktu yang lama, bahkan bisa sampai satu tahun.

Hal tersebut disebabkan New Horizon hanya memiliki teknologi yang terbatas, mengirimkan data dengankecepatan 1 hingga 4 kilobyte per detik.

Dan meskipun gelombang radio memiliki cepat rambat yang sama dengan kecepatan cahaya, namun tetap saja jarak 3 miliar mil antara wahana tersebut dengan Bumi harus ditempuh sinyal tersebut selama empat setengah jam.

NASA mengumpamakan proses transfer data itu seperti berikut, jika kita browsing dan mengklik sebuah tautan internet, maka kita harus menunggu beberapa jamĀ  hingga situs mulai proses memuat halaman.

Itu baru menunggu proses memuat halaman yang dimulai, belum menunggu halaman tersebut dimuat atau ditampilkan sepenuhnya yang membutuhkan waktu beberapa jam lagi.

Data yang dipublikasi NASA, termasuk foto-foto Pluto dari jarak terdekat selama ini, itu baru sebagian data saja yang diterima oleh mereka. NASA mengatakan masih ada 95 persen data yang belum ditransfer dari New Horizon ke Bumi.

Mission Principle Investigation NASA, Alan Stern mengatakan bahwa data-data itulah yang paling ditunggu oleh mereka.

“Itulah tujuan utama kami, dataset terbaik yang pernah dikumpulkan dengan foto resolusi tinggi, data atmosfer, dan banyak lagi,” ujarnya dalam keterangan tertulis. (Ahmad Rusdi)