Menghemat Konsumsi Data WhatsApp

Menghemat Konsumsi Data WhatsApp
Posted by:

Di era perinternetan saat ini maka dibutuhkan sebuah website dalam menunjang bisnis dunia maya ini. Kita tahu bahwa dengan adanya internet maka semuanya terasa tidak terbatas antara ruang dan waktu. Semua dimensi terlampaui oleh media yang namanya website dan internet.
Perkembangan dunia maya di indonesia ini memang cukup membanggakan, apalagi dengan dukungan pemerintah yang sangat kooperatif. Pemerintah pun melakukan langkah nyata dalam mengembangkan internet di Indonesia. Lihat saja sekarang banyak desa-desa yang sudah terjangkau internet untuk saat ini, memang tidak semua desa terjangkau internet semua. Namun lambat laun pasti akan terwujud negara Indonesia yang berkembang dengan internetnya. Boleh dikatakan sekarang Internet masuk desa, ibarat dahulu listrik masuk desa.
Melihat perkembangan tersebut dengan didukungnya oleh pemerintah maka sudah sepatutnya media internet dikedepan. Prospek internet yang begitu baik membuat pelaku-pelaku bisnis internet pun bekermbang pesat. Banyak pelaku bisnis baru yang bermunculan dan pelaku bisnis yang lama semakin berkembang.
Sebagai negara yang sedang berkembang memang dunia internet masih kalah jauh dengan negara-negara yang sudah maju misalnya jepang dan amerika. Namanya saja negara berkembang. Di negara maju memang semuanya sekarang serba online. Bahkan jual beli pun lebih banyak dilakukan secara online melalui media internet. Bayangkan saja kita hanya tinggal duduk di depan komputer dan semuanya serba terkoneksi internet. Tinggal klik-klik dan semuanya langsung beres. Memang terlalu muluk-muluk bila kita ingin seperti negara maju lainnya, tapi setidaknya pemerintah pun mendukung hal itu. Sekarang sudah ada yang dilakukan secara online, misalnya saja pendaftaran cpns, jual beli, dan segala macamnya. Mari kita tunggu saja perkembangan internet di indonesia kedepannya.
Perkembangan internet di indonesia saat ini sangat membantu dalam perkembangan setiap dimensi kehidupan di dunia. Sudah selayaknya sekarang kita optimalkan potensi internet untuk memajukan bangsa dan negara. Maju terus perkembangan internet di Indonesia. Marilah kita menjadi pengguna internet sehat.

Salah satu media untuk terus dapat menjalin komunikasi saat ini ialah melalui aplikasi WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi messenger yang ada di smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa membayar untuk SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan rencana data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain, sehingga tidak menggunakan biaya untuk dapat tetap berhubungan. Aplikasi WhatsApp Messenger adalah pengiriman pesan yang menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk berkomunikasi tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan chatting, file sharing, dan lain-lain. Untuk menggunakan layanan ini, tentu saja internet atau data diperlukan di dalamnya. Namun ternyata, ada cara yang bisa dilakukan agar tak terlalu banyak menggunakan data di WhatsApp.

Berikut ini cara mudah kurangi konsumsi data di WhatsApp pada perangkat berbasis Android.

Atur WhatsApp Autodownload ke Wifi

Langkah awal untuk menyiasati penggunaan data seluler ialah dengan mengatur autodownload WhatsApp. Jika tidak, WhatsApp akan secara otomatis men-download semua pesan media, tak peduli itu menggunakan data seluler atau wifi. Oleh karena itu, ubahlah pengaturan download hanya menggunakan wifi. Caranya, masuk ke menu Setting>Chat and Calls>Media Autodownload dan pilihlah media diunduh via wifi atau tidak.

Save Data Usage di WhatsApp Calls

Ketika Anda membuat VoIP call menggunakan WhatsApp, itu akan membutuhkan konsumsi data untuk mentransfer voice data. Akan tetapi, Anda bisa mengurangi data usage saat melakukan panggilan via WhatsApp. Caranya, masuk ke Setting>Chat and Calls>centang Low Data Usage.

Matikan Backup Chat WhatsApp dengan Data Seluler

Backup chat ke cloud merupakan fitur yang cukup bagus ditawarkan WhatsApp. Untuk mem-backup data WhatsApp ini membutuhkan data yang cukup banyak. Karena itu, Anda bisa memilih untuk mem-backup WhatsApp dengan pilihan wifi.

Dengan beberapa solusi itu, Anda bisa mengontrol penggunaan konsumsi data seluler ponsel.@Dewi

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.