Mendikbud Muhadjir Effendy Tekankan Pentingnya Pendidikan Keluarga

Mendikbud Muhadjir Effendy Tekankan Pentingnya Pendidikan Keluarga

KORANRANGERANG.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menegaskan pentingnya pendidikan di lingkungan keluarga. Menurut dia, pendidikan keluarga menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul dan kompetitif.

“Program Indonesia Pintar merupakan satu cara mempercepat perluasan akses masyarakat miskin dalam menikmati pendidikan yang layak,” katanya dalam Muktamar Nasiatul Aisyiyah ke-13 di Spotoriuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat 26 Agustus 2016 sore.

Akan tetapi, imbuh dia, hal tersebut sulit dicapai jika mentalitas dan karakter generasi muda saat ini rapuh. Sehingga, perlu adanya pendidikan karakter bagi setiap generasi muda.

“Pendidikan harus menggembirakan dan mencerahkan yang tidak membebani siswa. Pendidikan yang baik adalah yang mampu merangsang aktualisasi diri siswanya,” tuturnya.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu juga mengajak kader Nasyatul Aisyiyah untuk ikut mengawal upaya memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebab, kontribusi kader muda perempuan ini sangat diperlukan bangsa.

“Saya berharap Nasyiatul Aisyiyah menjadi organisasi perempuan yang ikut mendukung dan mengawal agenda perubahan di dunia pendidikan,” ucapnya.

Muhadjir menjelaskan, Muktamar Nasyatul Aisyiyah ke-13 ini diharapkan dapat lebih proaktif mengambil bagian dalam peningkatan kualitas pendidikan, terutama pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar.

“Dari sinilah pendidikan usia dini dan sekolah dasar karakter seorang anak dibentuk. Nilai-nilai keluhuran ditanamkan pada diri anak dari keluarga,” katanya.

Saat ini, 80 persen anggota muda perempuan Nasyiatul Aisyiyah adalah para pendidik. Hal ini menjadi modal luar biasa untuk melahirkan perubahan, termasuk pada sektor pendidikan.

“Barisan kaum perempuan muda yang terkonsolidasi solid akan melahirkan perubahan, termasuk di sektor pendidikan,” sebutnya.

Hal itu pula, lanjut Muhadjir, yang membuat kiprah Nasyatul Aisyiyah di dunia pendidikan sangat penting karena kaum perempuan memiliki kesempatan mengintegrasikan pola pengasuhan, pendidikan, dan pengawasan pada anak. @DF

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.