Masyarakat Sebagai Pemeran Utama Implementasi Program Pembangunan

Masyarakat Sebagai Pemeran Utama Implementasi Program Pembangunan
Posted by:

korantangerang.com – Dimasa depan, masyarakat sendirilah yang akan memainkan peran utama dalam pengimplementasian program-program pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota H. Sachrudin di Acara Silaturahmi Majelis Sahabat Blosso di Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Senin (14/03).

“Peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah merupakan salah satu syarat mutlak dalam era kebebasan dan keterbukaan ini,” Terangnya.

“Oleh karenanya kelompok-kelompok masyarakat seperti Majelis Sahabat ini sangat membantu peran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakatnya,” Sambungnya.

Dan untuk itu, jelas Wakil Walikota Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sangat konsen dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, dimulai dari proses perencanaan pembangunan lewat musrembang tingkat kelurahan dan kecamatan sampai penyediaan kanal aspirasi masyarakat yang bisa diakses oleh siapapun yakni call center maupun Laksa (Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda).

Laksa merupakan aplikasi layanan melalui  pesan singkat (SMS center). Masyarakat dapat menyampaikan pertanyaan dan keluhan dengan mengirimkan  SMS ke nomor 0811-1500293. Dengan aplikasi Laksa ini, SMS  dari masyarakat secara otomatis disampaikan kepada aparatur dari  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau dinas terkait untuk segera ditanggapi. Begitu pula sebaliknya, SMS jawaban dinas terkait langsung disampaikan kepada masyarakat melalui SMS dan ditayangkan juga di website tangerangkota.go.id.

Bagi Anda yang aktif di media sosial (medsos) dapat melayangkan keluhan dan saran melalui akun twitter @kota_tangerang dan akun facebook Pemerintah Kota Tangerang.  Dengan mengikuti (following) dan tautkan pertemanan kedua akun tersebut, masyarakat dapat memperoleh informasi sekitar Kota Tangerang, khususnya penyelenggaraan Pemerintahan Kota Tangerang.

Wakil juga menegaskan bahwa pemerintah kedepan juga akan lebih berperan sebagai fasilitator dalam pembangunan.

“Bentuk intervensi pemerintah kepada masyarakat tidak hanya dari penyaluran dana yang diberikan tapi juga bisa dari fasilitasi yang diberikan pemerintah ke masyarakat,” Ujarnya.

“Misalkan melalui perhatian pemkot terhadap pendidikan, sebagaimana yang pemkot Tangerang lakukan dengan memberikan pendidikan yang murah dan berkualitas,” Imbuhnya.

Secara khusus Wakil juga mengapresiasi Majelis Sahabat Blosso yang telah ikut berpartisipasi dalam proses pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

“Dan ini patut diapresiasi, karena hal seperti ini adalah bentuk aktualisasi diri kita dalam bermasyarakat,” Ucapnya menanggapi pelaksanaan acara tersebut.

“Melalui kegiatan seperti inikan kita bisa berbagi rasa dengan kawan-kawan kita. Karena sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain, meskipun hanya lewat doa atau pertukaran ide,” Tukasnya.@ADVETORIAL

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.