Masyarakar Maluku di Banten Gelar Mubes

korantangerang.com – Upaya memberikan pemikiran kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Maluku, masyarakat Maluku yang berada di Provinsi Banten, kemarin (13/9) mengelar Musyawarah Besar Masyarakat Maluku di Provinsi Banten dengan Tema Masa Depan Maluku Yang Berkeadilan dan Bermartabat, di Istana Nelayan Tangerang, Banten.

Ketua Mubes Masyarakat Maluku, Mayjen TNI (Purn) Max Tamaela mengatakan berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik Maluku merupakan daerah termiskin ke 4 di Indonesia, dengan potensi kekayaan alam yang begitu melimpah. “Ini terjadi kenapa, karena Pemerintah Pusat memberikan anggaran berdasarkan sistem luas daratan. Kita lihat Maluku itu sekitar 9.4% luas darat dari seluruh luas Maluku, sisanya laut,” terangnya.

“Nah, jika pemerintah memberikan anggaran ke Maluku berdasarkan luas wilayah darat, anggaran yang diterima Maluku tidak akan cukup untuk pembangunan serta kemajuan Maluku. Untuk itu kita sebagai masyarakat Maluku dalam acara ini akan merumuskan pemikiran-pemikiran dan gagasan yang akan kami sampaikan pada Musayarah Besar Masyarakat Maluku di Ambon nanti,” tambahnya.

Max mengatakan, Maluku memiliki peran penting dalam serajah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kami berharap masyarakat Maluku diberi porsi yang lebih besar dalam mengelola sumber daya kelautannya secara berkeadilan dan berkesinambungan, serta generasi muda Maluku perlu diberi peluang mengimplementasikan peran sertanya dalam bidang pemerintahan dan pembangunan nasional secara proporsional dan berkeadilan,” harapnya. @WIRI