Marak Berita Hoax, Pemerintah Akan Galakkan Literasi Digital

Marak Berita Hoax, Pemerintah Akan Galakkan Literasi Digital
Mendikbud Muhadjir Effendy (kiri) didampingi Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi (tengah) mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/1).Rapat tersebut membahas evaluasi pelaksanaan dan permasalahan APBNP 2016 serta membahas persiapan dan antisipasi pada APBN 2017 di Kemendikbud. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./aww/17.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tengah gencar meningkatkan literasi digital kepada masyarakat agar menggunakan media sosial secara benar dan bermartabat.

“Kami sedang melakukan gerakan dengan Pak Menkominfo yang namanya literasi digital. Jadi nantinya termasuk bagaimana menggunakan media sosial secara benar dan secara bermartabat sesuai bentuk prinsip literasi itu,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Profesor Muhadjir Effendy di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Komentar tersebut disampaikan Mendikbud untuk menanggapi opini publik yang berkembang bahwa berita palsu atau hoax di media sosial yang makin marak beredar disebabkan minimnya literasi digital masyarakat.

“Hoax itu sendiri kan sebenarnya literasi ya, tapi literasi yang salah itu,” kata dia.

Oleh karena itu, Muhadjir mengatakan fokus gerakan literasi digital tidak sekadar penguasaan teknologi masyarakat, namun lebih pada etika penggunaannya.

Ia menambahkan, meskipun Kemdikbud dan Kemkominfo menjadi penggagas gerakan tersebut, namun pelaksanaannya harus dilakukan seluruh elemen masyarakat.

“Gerakan ini tidak mungkin sepihak, harus frontal terhadap seluruh elemen masyarakat dan terus melakukan penyadaran besar-besaran tentang prinsip etika tentang penggunaan media sosial,” kata dia.

Saat ini, Muhadjir mengatakan pihaknya tengah membahas format penyuluhan gerakan literasi digital yang sesuai untuk dilakukan di sekolah-sekolah. @SINTA

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.