KWARRAN PERIUK “KURSUS MAHIR DASAR CETAK PEMBINA BERKUALITAS”

KWARRAN PERIUK “KURSUS MAHIR DASAR CETAK PEMBINA BERKUALITAS”

korantangerang.com – Sebanyak 150 Pembina Pramuka dari berbagai SD, SMP dan SMA di Wilayah Kwarcab Kota Tangerang dan sekitarnya, sejak tanggal 30 April – 1,5,6,7,8 Mei 2016 menempa diri dengan mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (Kursus Mahir Dasar/KMD) yang merupakan program Kwarcab Kota dan diselenggarakan oleh Kwarran Periuk Kota Tangerang yang  berlangsung di komplek SD Negeri Keroncong 1 dan 3 Kecamatan Periuk.

Selama 4 (empat) hari para pembina Pramuka mendapatkan pembekalan oleh para pelatih dari pusdiklat cabang,Daerah dan Nasional berupa sejarah dan pendidikan kepramukaan, pemahaman Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
Kegiatan KMD ini dibuka oleh Camat Periuk,Rudi Heryadi sebagai Kamabiran.

Dan dalam sambutannya (4/5/2016),Rudi memberikan apresiasi sebesar – besarnya kepada kwarran Periuk dan merasa bangga  karena mampu menyelenggarakan kegiatan KMD tingkat Cabang ini.Dan KMD ini bertujuan untuk mencetak kader pembina Pramuka yang berkualitas di Kota Tangerang.

“Dengan adanya KMD diharapkan jumlah Pembina Pramuka yang bersertifikasi bertambah dan  pembinaan peserta didik yang berkualitas dapat dicapai”ujar Kamabirran.

Rudi berpesan kepada para peserta untuk mengikuti semua kegiatan ini dengan baik.Jadilah pembina yang terampil,niatkan mengikuti kegiatan untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan nantinya bisa ditransfer ke anak didik.

Dengan dibekali Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan para pembina Pramuka nantinya bisa memahami kebutuhan peserta didik anggota pramuka yang disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Sementara itu Kakwarran Periuk,Didin Suhendar mengatakan kalau peserta KMD kali ini yang terbanyak yang pernah diselenggarakan.Dan  selama kursus para peserta juga dilatih bagaimana mampu melakukan komunikasi dan bergaul dengan peserta didik, dan teknik menyelenggarakan kegiatan menarik yang mengandung unsur pendidikan.

Lebih lanjut Didin menjelaskan bahwa KMD ini sebagai bagian dari proses legitimasi keabsahan pembina untuk mendapatkan hak bina dalam kegiatan pramuka sesuai dengan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.

“Sebagai teladan bagi peserta didik, para pembina harus mampu mengimplementasikan Tri Satya dan Dasa Darma” jelas Didin.

Halim Nurdin Kepsek SDN Keroncong 1 sebagai ketua panitia penyelenggara mengatakan bahwa KMD ini bertujuan untuk menciptakan pembina yang bermutu dan bersertifikasi.Hal ini sesuai dengan pelaksanaan kurikulum 2013 yang diterapkan sekarang ini yang memasukkan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Halim berharap KMD ini bukan sekedar untuk mendapatkan sertifikat,namun ada tujuan yang mulia yaitu menjadi pembina pramuka berkuslitas yang selalu berusaha mengantarkan peserta didiknya menjadi generasi penerus yang berkarakter.

Halim juga mengingatkan kepada para pembina, di samping memberikan materi ketrampilan dan pengetahuan kepada peserta didik, para pembina pramuka diharapkan selalu menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan semangat juang.

“Sehingga tujuan Gerakan Pramuka sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang – Undang Gerakan Pramuka dapat terlaksana”pungkasnya. (Naser)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.