KPU Gelar Sosialisasi Pilkada Banten Tahun 2017 bersama Wartawan se-Kabupaten Tangerang

KPU Gelar Sosialisasi  Pilkada Banten Tahun 2017 bersama Wartawan se-Kabupaten Tangerang

KORANTANGERANG.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, menggelar sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gubernur Banten Tahun 2017, memilih segmen profesionalisme dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang serta organisasi wartawan lainnya.

Kegiatan itu digelar, Talaga Bestari-Balaraja, Sabtu (22/10), tampak hadir, Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Akhmad Jamaludin, Ketua PWI, Kabupaten Tangerang, Sahatma Refindo, Anggota Komisioner KPU Kabupaten Tangerang, sejumlah Pengurus PWI, Pengurus Pokja dan puluhan awak media .

Dalam paparannya, Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Akhmad Jamaludin mengatakan, pada Pilkada Banten yang akan digelar pada Hari Rabu 15 Februari 2017,  ada dua calon yakni pasangan Dr. Wahidin Halim-Andika Hazrumy dan pasangan Rano Karno- Embay Mulya Syarif.

“Stop golput, karena dengan menggunakan hak pilih tujuannya supaya  Provinsi Banten bisa berkualitas. Kemudian stop politik uang. Kita berharap masyarakat agar dapat berperan serta dalam Pilkada ini, baik itu sebagai penyelenggara, relawan, pemantau dan pemilih cerdas dan lainnya,” sebut Ketua KPU Kabuppaten Tangerang.

Akhmad menambahkan,  tingkat partisipasi pemilih, di Kabupaten Tangerang untuk 29 Kecamatan pada  Pilpres Tahun 2014 lalu, sekitar 68 persen, sedangkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2.112.889, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sekitar 5.007, Daftar Pemilih Khusus (DPK) sekitar 8.844, Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) sekitar 69.532, totalnya 2.196.272.

“Mungkin bagi pendukung itu, menang kalah itu biasa, berjiwa besar itu luar biasa, jadi bagaimana pelaksanaan Pilkada ini bisa berjalan dengan sukses dan berkualitas,” tukas Akhmad Ketua KPU Kabupaten Tangerang.

Lanjut Akhmad, kegiatan sosialisasi KPU ini, sudah berjalan bersama15 komunitas , termasuk goes tu campus, majelis taklim, PWI dan organisasi-organisasi lainnya. “Nanti kita juga akan lakukan keliling ke tengah-tengah masyarakat, untuk mensosialisasikan agar partisipasi masyarakat meningkat, karena kita punya target partisipasi pemilih bisa mencapai 80 persen,” bebernya.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sahatma Refindo, menyatakan,  kegiatan ini digelar untuk keseluruh wartawan di Kabupaten Tangerang, sekarang terlihat banyak teman-teman wartawan yang hadir termasuk, dari Pokja, AJI,  dan lainnya.

“Saya yakin untuk mensukseskan Pilkada Banten ini, tidak terlepas dari peran serta dari teman-teman wartawan yang akan memberikan kontribusi aktif baik untuk calon dan pihak penyelenggara sendiri,” papar Sahatma Refindo.

Tambahnya, wartawan juga harus bertindak profesional, harus turut serta membantu penyelenggara untuk membuat suasana kondusif, kalau wartawan mau jadi mungkin bisa cuti dulu, karena wartawan itu harus bisa bekerja secara independen.

“Kita himbau agar wartawan harus  profesionalisme, kemudian  itu mesti bisa kita jaga dengan baik, jangan apa yang telah dibuat dengan baik ini bisa hancur, karena ada perpecahan yang tidak menentu, kita tetap mengedepankan praduga tak bersalah, menjunjung tinggi etika jurnalistik,” pungkasnya. (Oki)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.