KPU Dan PWI Kota Tangerang Adakan Sosialisasi Pilkada Banten 2017 Bagi Insan Media

KPU Dan PWI Kota Tangerang Adakan Sosialisasi Pilkada Banten 2017 Bagi Insan Media

Korantangerang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan PWI Kota Tangerang menggelar sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih menjelang Pilgub Banten bagi insan media yang digelar di Wisma PGRI Kota Tangerang,Kamis (15/12/2016).

Sosialisasi yang dihadiri sekitar 80 wartawan media cetak,onlne dan elektronik ini bertujuan agar insan media turut berperan aktif menekan jumlah pemilih Golput dan Meningkatkan partisipasi pemilih sesuai dengan profesinya sebagai penyebar informasi ke masyarakat melalui media.

Wakil Ketua PWI Kota Tangerang dalam sambutannya mengatakan bahwa PWI sebagai organisasi kewartawanan turut terpanggil untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur Propinsi Banten yang akan digelar Pada tanggal 15 Februari 2017 nanti dan melalui media berita akan terus mensosialisasikannya ke masyarakat.

“Melalui media,kami wartawan akan mengajak masyarakat untuk ikut memberikan hak pilihnya dan jangan sampai Golput dengan memberikan infomasi sejelas jelasnya tentang Pilkada 2017 ini,”jelas Jojo.

Sementara itu Ketua KPU Kota Tangerang,Sanusi Pane mengatakan bahwa insan pers berperan dalam perhelatan Pilgub Banten ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Pasalnya, Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Banten hanya dapat meningkatkan partisipasi pemilih hanya sebesar 2 persen saja.

“Makanya peran wartawan untuk mensosialisasikan pelaksanaaan Pilgub sangat dibutuhkan,” ujar Sanusi.

Saeful Bahri,Komisioner KPU Provinsi Banten mengatakan,untuk meningkatkan partisipasi pemilih ada sejumlah langkah yang dilakukan KPU karena saat ini ada sejumlah aturan baru untuk mensosialisasikan Pilkada 2017 nanti Paslon dilarang melakukan pemasangan iklan kampanye.

“Kalau dahulu kandidat bisa mensosialisasikan dirinya sebagai calon. Sekarang ini baik paslon yang banyak duit atau tidak sama saja tidak bisa sembarangan memasang iklan di media cetak. Pihak penyelenggara saja yang akan mensosialisasikan dari alat peraga atau bentuk iklan lainnya. Sekarang KPU yang mensosialisakan kandidat cagub dan cawagub,” kata Syaiful.

Langkah yang dilakukan KPU untuk peningkatan sosialisasi yaitu dengan acara debat kandidat oleh para cagub dan cawagub yang nantinya dibagi dalam tiga tahap.

“Debat kandidat yang pertama pada 27 Desember 2016, selanjutnya 25 Januari 2017 dan 9 Februari 2017. Kalau kampanye rapat umum Paslon nomor urut 1 pada 15 Januari 2017 dan 5 Februari 2017. Paslon nomor urut 2 pada 8 Januari 2017 dan 4 Februari 2017,” pungkas Saiful. (Zher)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.