Kota Tangerang Raih Penghargaan Bergensi Pada Ajang Indonesia Digital Economy Award (IDEA) 2016

Kota Tangerang Raih Penghargaan Bergensi Pada Ajang Indonesia Digital Economy Award (IDEA) 2016

korantangerang.com – Kota Tangerang berhasil meraih penghargaan bergensi dalam bidang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai bagian dari upaya perwujudan Kota Cerdas (Smart City) di Kota Tangerang. Kota Tangerang meraih peringkat ke III Kategori Kota. Posisi pertama dan kedua kategori ini diraih Kota Bandung dan Kota Bogor. Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika H. Muhtarom mewakili Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah yang karena ada acara lain tidak dapat mengikuti acara hingga selesai. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Kominfo RI Rudiantara, bertempat di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (11/5/16).

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya Pemkot Tangerang dalam meningkatan pelayanan kepada masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Sebelumnya pada sesi presentasi yang digelar beberapa jam sebelumnya, Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah  menyampaikan paparannya terkait berbagai program pembangunan dan aplikasi yang telah dikembangkan di Kota Tangerang sebagai wujud pemanfaatan TIK dalam pengembangan Kota Cerdas (Smart City) termasuk didalamnya pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Dari program-program dan aplikasi yang telah dikembangkan tersebut, beberapa diantaranya ditujukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat seperti halnya program Tangerang Terang dan pengembangan aplikasi pelayanan perijinan dan lain-lain.

“Sejauh ini Dinas Kominfo mengembangkan berbagai aplikasi terkait hal tersebut, sedangkan Dinas Perindagkop melakukan pelatihan dan sosialisasi bagaimana produk-produknya tidak hanya menggarap pasar lokal tetapi juga posting di internet dengan memanfaatkan media sosial hingga bisa mengembangkan pasar yang ada.” ujar Walikota H. Arief R. Wismansyah  kepada Tim Tangerang TV setelah pemaparan di acara IDEA 2016 tersebut.

“Acara ini dapat dijadikan barometer bagi Kota Tangerang untuk mengetahui sejauh mana pengimplementasian TIK dalam pengembangan Smart City, termasuk dalam pemberdayaan masyarakat.” ungkapnya merujuk pada gelaran acara yang ditujukan terhadap pengembangan ekonomi dengan pemanfaatan teknologi ini.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kominfo, H. Muhtarom yang hadir dalam acara ini bahwa  Kominfo sebagai leading sector TIK yang mengembangkan berbagai aplikasi di Kota Tangerang terus mengembangkan aplikasi demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami sebagai leading sector TIK di Kota Tangerang terus mengembangkan aplikasi . Saat ini setidaknya sudah dikembangkan sekitar 170 aplikasi yang terintegrasi dengan pusat komando terpadu Tangerang LIVE Room dan semua ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.” ungkap Muhtarom.

Ajang Indonesia Digital Ekonomi Award (IDEA) 2016 ini merupakan pengembangan dari ajang Indonesia Digital Society Award (IDSA) dan kali merupakan gelaran yang ke-4. IDSA sasarannya pada pemerintahan sedangkan IDEA lebih luas lagi yakni juga mencakup bisnis dan ekonomi. Dalam ajang IDEA 2016 tersebut hadir  20 kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia yang menyampaikan paparannya yaitu: Kota Tangerang, Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Malang, Kota Surabaya, Kota Makassar, Kota Banda Aceh, Kota Semarang, Kota Balikpapan, Kota Yogyakarta,  Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Agam, Sambas, Kulon Progo, Maros, Kabupaten Bandung, Kabupaten Malang, Bojonegoro, Sragen, Banyuwangi dan Sleman. Ke 20 kabupaten/kota ini merupakan finalis hasil seleksi dari sekitar 200 kabupaten/kota seluruh Indonesia yang mengisi dan mengirimkan kembali angket yang diberikan panitia penyelenggaraan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.