Kota Tangerang Raih APN Kategori Kota Terbaik Provinsi Banten

Kota Tangerang Raih APN Kategori Kota Terbaik Provinsi Banten

Korantangerang. com – Kota Tangerang kembali meraih Anugerah Pangripta Nusantara (APN) dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2017.Kali ini untuk Kategori Terbaik Kota, dari Pemerintah Provinsi Banten.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo, sesaat sebelum pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten tahun 2018, Pemerintah Provinsi Banten, Senin (10/04), di Hotel Allium.

Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, mengatakan pencapaian ini tentunya menjadi motivasi bagi Pemkot Tangerang agar setiap perencanaan-perencanaan pembangunan selalu berpihak pada kepentingan masyarakat dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Di mana dalam setiap tahapannya, Pemkot Tangerang telah memanfaatkan keberadaan aplikasi yang juga sebagai bagian dari pengembangan Kota Tangerang sebagai Smart City atau kota cerdas. Diantaranya melalui aplikasi E-Musrenbang, E-Planning, E-Budgeting, sampai pada sistem evaluasi pelaporan dan pertanggungjawaban. Bahkan, penyampaian LKPj sudah rangkuman dari proses sistem aplikasi E-Government.

“Selain untuk kemudahan, upaya tersebut juga sebagai bagian dari perwujudan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Di mana setiap penghargaan menjadi motivasi bagi kami untuk selalu berbuat yang terbaik bagi warga Kota Tangerang,” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Cahyo Kumolo berpesan kepada para pemimpin daerah yang berada di Pemerintah Provinsi Banten diharapkan agar senantiasa fokus pada target yang telah dibuat setiap tahunnya, baik itu target jangka pendek, menengah maupun panjang.

Terlebih wilayah Banten menjadi provinsi penyangga ibukota dan mendapatkan porsi cukup besar dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Seperti proyek kereta api Bandara Soekarno Hatta, pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang.

“Diperlukan fokus disetiap penyelesaian proyek-proyek yang tersebar di beberapa wilayah Banten,” pesannya.

Musrenbang ini, lanjutnya, yaitu membahas masalah rencana kerja pemerintah daerah. Oleh karena itu, ditekankan agar kegiatan ini nantinya menghasilkan program yang bisa diselaraskan dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Harus mampu merencanakan program pembangunan baik infrastruktur sosial, ekonomi dan politik yang lebih mantap. Sesuai dengan program kepala daerah terpilih dan presiden,” kata Cahyo, seraya ucapkan selamat kepada kota serta kabupaten yang raih penghargaan APN.

Pejabat Gubernur Banten, Nata Irawan mengatakan,APN yang diberikan oleh Pemprov Banten bertujuan untuk mendorong daerah menyiapkan RKPD secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan, sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah guna mewujudkan perencanaan yang berkualitas.

“Dengan parameter penilaian yang terdiri dari penilaian dokumen perencanaan, penilaian proses perencanaan, penilaian presentasi dan wawancara”tutupnya.(zher).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.