Kota Tangerang Kembali Raih Piala Adipura Kencana

Untuk kedua kalinya Kota Tangerang raih Piala Adipura Kencana kategori Kota Metropolitan, penghargaan tertinggi bagi kota yang memiliki kemampuan penyelesaian masalah terkait persoalan lingkungan di wilayahnya masing-masing.

Secara keseluruhan Piala Adipura Kencana ini merupakan Piala Adipura ke 7 bagi Kota yang sedang bertransformasi menjadi Kota Seribu Industri Sejuta Jasa.

Dimana sejak tahun 2011 sampai 2017 secara berturut-turut Kota Tangerang selalu mendapatkan Piala Adipura, dan puncaknya di tahun 2013 dan 2017 Kota yang terkenal sebagai Kota Akhlakul Karimah meraih Piala Adipura Kencana, supremasi kota yang selalu mengedepankan pembangunan berwawasan lingkungan.

Penghargaan Piala Adipura Kencana diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution kepada Wali Kota Arief R. Wismansyah dengan disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Prosesi penyerahan Piala Adipura Kencana tersebut dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 dan Landmark Hutan di Halaman Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta, Rabu (02/08).

Selain medapat anugerah Adipura Kencana, Kota Tangerang juga mendapatkan Penghargaan Adiwiyata yang diraih oleh 4 Sekolah, dan satu Penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diraih oleh SDN Total Persada.

Usai mengikuti prosesi penyerahan penghargaan, Wali Kota bersama dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Engkos Zarkasi dan Kepala Dinas Pendidikan Abduh Surahman semobil menuju Kota Tangerang, tepatnya di Masjid Raya Al Azhom.

Di lokasi tersebut Wali Kota langsung disambut oleh Wakil Wali Kota Sachrudin dan Sekertaris Daerah Dadi Budaeri.

Tak ketinggalan juga para pahlawan kebersihan di Kota Tangerang yaitu para pasukan oranye dan juga hijau yang bertugas menyapu jalan dan menata taman di Kota Tangerang.

Sebagai bentuk rasa syukur, Wali Kota selanjutnya juga mengajak kepada seluruh petugas lapangan tersebut untuk melakukan sujud syukur di masjid yang terkenal dengan kubah birunya tersebut.

Dalam keterangannya kepada awak media, Wali Kota menyampaikan bahwa penghargaan tersebut menjadi pelecut bagi seluruh stake holder di Kota Tangerang untuk bisa mewujudkan sebuah kota yang indah dan nyaman.

“Penghargaan ini memotivasi kita untuk menjadikan Kota Tangerang yang bersih yang indah dan nyaman untuk kesejahteraan masyarakat,”

“Mudah-mudahan piala Adipura Kencana ini terus kita jaga kita pertahankan,” ujarnya.

Dengan diraihnya Adipura Kencana, Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk terus membudayakan hidup bersih dan sehat.

“Tentunya kita mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk berbudaya hidup bersih, hidup indah untuk keberlangsungan kota ini untuk anak cucu kita,” tuturnya.

“Ini sekaligus juga menjadi motivasi bagi pemerintah dan masyaakat mewujudkan kota Tangerang yang berwawasan lingkungan,” sambungnya.
Tak lupa Wali Kota juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para petugas lapangan yang sudah mengorbankan waktunya demi terwujudnya Kota Tangerang yang bersih, indah dan nyaman.

“Terimakasih untuk semua petugas. Dan kesejahteraan mereka juga terus kita tingkatkan sudah sama dengan UMR,” ujarnya lagi.

Sementara itu menyinggung soal penghijauan, Wali Kota juga berharap masyarakat bisa berperan aktif dengan minimal bisa melakukan penghijauan di pekarangan rumahnya.

“Kita nanti akan bikin surat edaran ke RT/RW agar setiap kegiatan masyarakat bisa diwajibkan untuk menam pohon,” ucapnya.

“Kalau lihat instruksi presiden tadi minimal seumur hidup kita nanam 25 pohon, nanti mungkin bisa kita terapkan,” sambungnya lagi.

Dan sekali lagi Wali Kota juga menegaskan komitmennya untuk menerapkan kebijakan pembangunan berwawasan lingkungan demi keberlangsungan hidup di masa depan.

“Bahwa pembangunan yang kita lajukan sudah seusai dengan bagaimana mewujudkan kota Tangerang yang berwawasan lingkungan,”

“Walaupun perjalanan masih panjang paling enggak penghargaan ini menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi,” tandasnya.