Kota Tangerang Gelar Festival Cisadane Ke 13

Kota Tangerang Gelar Festival Cisadane Ke 13
Posted by:

KOTA TANGERANG – Festifal Cisadane merupakan ajang tahunan dalam rangka mentradisikan kebudayaan Kota Tangerang.Festival tahun ini digelar selama 1 minggu dari Tanggal 23 – 30 Mei 2015 dan dilaksanakan di bantaran sunga Cisadane merupakan ikon kegembiraan bagi masyarakat Kota Tangerang.2021_main-banner_festcisadane2015

Dalam pembukaan Festival Cisadane,Walikota Tangerang secara simbolis membuka kegiatan ini dengan menekan sirene setelah sebelumnya Beliau membuka Pameran Pendidikan di bantaran sungai Cisadane sebelah barat,Walikota setelah berkeliling melihat pameran pendidikan bersama dengan Wakil Walikota serta Muspida Kota Tangerang langsung menyeberangi sungai Cisadane dengan menggunakan perahu naga.

Festival Cisadane 2015 kali ini tampil lebih bersemangat. Pemerintah Kota Tangerang memanjakan pengunjung festival tahunan ini dengan beragam kegiatan istimewa. Salah satunya dengan menampilkan parade 100 perahu dan pgekaran seni budaya Kota Tangerang dalam acara pembukaan Festival Cisadane,Sabtu 23 Mei 2015 .
dsc_0509
Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah melepas langsung parade 100 perahu di Sungai Cisadane. Pawai perahu dimulai dari belakang panggung utama di Jl Benteng Jaya menuju jembatan Jl Merdeka. Berbagai jenis perahu mengikuti parade ini diantaranya perahu naga, perahu kano, perahu kole, perahu cacing, getek hias, perahu layar, perahu karet dan perahu aluminium milik BPBD Kota Tangerang.

Perahu-perahu yang ikut parade akan dihias sehingga menarik dilihat warga. Setiap perahu akan tampil dengan tema masing–masing diantaranya tema adat Jawa, Sunda, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua. Nantinya, 60 perahu cacing membentuk formasi masing-masing formasi 10 perahu baris.

“Kami berharap masyarakat Kota Tangerang maupun wisatawan yang datang dapat menikmati parade 100 perahu dalam Festival Cisadane. Parade 100 perahu dalam Festival Cisadane kami selenggarakan untuk menarik wisatawan. Tahun depan, kami adakan dengan lebih besar yakni dengan mengundang peserta se-Asia Tenggara, ”ujar Walikota .

Selanjutnya acara pembukaan juga dimeriahkan atraksi speed boat yang dipimpin oleh H.Sachrudin,Wakil Walikota Tangerang yang begitu lincah bermanuver mengarungi sungai Cisadane dengan membawa panji lambang Negara Indonesia,bendera Merah Putih dan panji Kota Tangerang Dengan Motto Bhakti Karya Adhi Kertaraharja yang berarti semangat pengabdan dalam bentuk karya pembangunan untuk kebesaran negera dan kemakmuran serta kesejahteraan wilayah.
kadis-disparpora-rina-hernaningsih
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Disporparekraf) Kota Tangerang Hj R Rina Hernaningsih mengungkapkan selain parade 100 perahu, beberapa kegiatan lain akan digelar dalam festival ini. Diantaranya pagelaran budaya, atraksi kesenian, hiburan rakyat, pameran pembangunan dan produksi dan ragam lomba.

Khusus lomba, kata Rina, Festival Cisadane akan dimeriahkan berbagai perlombaan seperti aneka lomba permainan tradisional gelaran Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Tangerang, Lomba Perahu Naga, Lomba Perahu Kole dan Kano, Lomba Barongsai, Lomba Tari Lenggang Cisadane, Lomba Tari Kreasi, Lomba Musik Dangdut dan Lomba Permainan Tradisional.

“Semua jenis perlombaan akan dipusatkan di jalan Benteng Jaya,”ujar Kadisporparekraf Kota Tangerang, Hj R Rina Hernaningsih.

Sedangkan untuk di Jl Berhias, Pasar Baru, akan digelar beragam pameran. Diantaranya pameran Pekan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang. Selain itu ada juga pameran UKM, Temu Komunitas, Pasar Batu Akik, Pameran Flora dan Fauna, Pagelaran Wayang Golek, Kontes Modifikasi Motor, serta Pasar Rakyat. Disediakan sebanyak 200 stand untuk UKM serta OPD Kota Tangerang yang ikut serta dalam festival ini.

“Setiap harinya mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam di tempat ini akan ramai dengan berbagai kegiatan festival. Diharapkan sedikitnya 5.000 orang datang berkunjung ke festival ini setiap harinya,” kata Rina.

Tak cukup dengan beragam pameran dan perlombaan, Pemkot Tangerang juga berupaya menggaet anak muda dengan menampilkan Food Truck Festival (FTF). Ini adalah salah-satu sajian unik yang akan ditampilkan di Festival Cisadane 2015. FTF semacam restoran di dalam mobil jenis van yang menyajikan kuliner luar dan dalam negeri beserta variasinya.

Direncanakan ada 15 food truck yang akan ikut dalam festival ini. Jejeran mobil-mobil ini akan memanjang mulai ujung jembatan Jl Merdeka sampai Jl Benteng Jaya. “Warga yang biasanya anak-anak muda senang makanan jenis ini, “tutur Hj R Rina Hernaningsih

Para peserta food truck festival ini berasal dari komunitas food truck yang ada di Indonesia dan Pemkot Tangerang melalui Disporparekraf mengundangnya untuk memeriahkan festival ini. “Food truck mulai menjadi trend di kalangan anak muda zaman sekarang. ”Selain food truck, warga pun bisa menikmati aneka panganan lainnya yang juga disediakan di stand-stand UKM yang ada di festival ini.(Naser)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.