Komitemn tegakkan Disiplin Pegawai, Pemkab Tangerang Akan Potong TPP Jika Tak Hadir Tanpa Keterangan

Komitemn tegakkan Disiplin Pegawai, Pemkab Tangerang Akan Potong TPP Jika Tak Hadir Tanpa Keterangan

korantangerang.com-Dalam rangka menegakan disiplin kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang. Pemkab Tangerang memberlakukan absesni on line atau sistem penggunaan aplikasi presensi online, jika tidak hadir tanpa keterangan, maka Tunjangan  Prestasi Pegawai (TPP) nya akan dipotong sesuai aturan yang berlaku.

“Hal ini sesuai dengan PP No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,  Perbub No 49 Tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Penegakan Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Tangerang dan penerapan absensi sidik jari, Perbup No.9 Tahun 2016 dan Perbup No 66 Tahun 2016 tentang hari dan jam kerja serta kewajiban apel bagi seluruh PNS,”  jelas Sekda Kabupaten Tangerang  Iskandar Mirsad, di  ruang rapat Wareng Gedung Bupati Tangerang-Tigaraksa, Senin (6/2).

Lanjutnya, melalui  finger print atau sidik jari, data pegawai yang masuk langsung diketahui saat itu juga.  Jika terjadi keterlambatan, pulang cepat atau tidak apel, maka TPP ASN tersebut akan dipotong , tapi jika sakit, dinas luar, cuti dan lainnya, diberikan waktu tiga hari untuk melakukan koreksi lewat Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang ada.

“Maka kalau yang sakit ada keteranganya, jika izin ada surat izinnya, begitu juga dengan  pergi dinas luar, cuti harus  ada jelas keteranganya, nanti itu diinput di dalam SIM, nanti tekhnis silahkan koordinasi dengan pihak Dinas Informasi Komunikasi (Diskominfo) Tangerang melalui Kepala Seksi Pengelolaan Data Bidang Telematika, Bangbang Ismail,” terang Sekda lagi di hadapan ratusan ASN perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kecamatan.

Dikatakan Iskandar Mirsad, pihaknya akan melakukan koreksi selama tiga hari, jika belum ada keterangan, maka SIM-nya akan terkunci sendiri.  “ Ya kalau niatnya berbuat tidak baik, itu bisa saja disiasati, bagaimana pun canggihnya SIM ini,  memang mengajak orang untuk baik itu tidak mudah,” ucapnya.

Iskandar Mirsad mengungkapkan, ada juga pegawai datang pukul 07.30 Wib pagi, kemudian pulang tidur, pergi  kemana-mana itu, kemudian baru datang lagi  pukul 16.00 Wib untuk absen lagi, pasti ada yang seperti itu, itulah manusia namanya, tapi kalau pekerjaan pegawai seperti itu semua, apakah gaji sama TPP nya itu halal, itu kalau berbicara secara agama.

“Kalau semua pegawai seperti itu bagaiamana nanti Pemda ini, terus siapa yang akan bertanggung dengan Pemda ini dan memberikan pelayanan pada masyarakat, tapi kalau nanti mayoritas pegawai sudah disiplin, kalau ada orang datang pagi terus pulang, pasti malu itu  atau  pegawai yang malas dikeroyok ramai-ramai oleh orang yang rajin,” tegasnya denga nada agak bercanda.

Tapi kalau pimpinannya  seperti itu lantas bagaimana dengan pegawainya, makanya salah fungsi dari pimpinan dalam manajemen itu organiting, direting,  sample di lapangan dan lainnya. “ Untuk saudara ketahui regulasi yang kami ciptakan dalam IT selama pemerintahan pak Bupati  Zaki  dari tahun 2013 sampai saat ini, sudah banyak sekali  SIM yang kita produksi,  dalam menuju e-goverment, berbagai e yakni e-porting, e-monev, e-plaining, e-budgeting dan lainnya, alhamdulillah semuanya berhasil,” paparnya.

“Pada pekan lalu, sengaja saya kumpulkan seluruh SKPD, kini seluruh kecamatan, pak Bangbang yang melakukan invetarisir kecamatanm-kecamatan, untuk dipsangkan on line nya. Jadi saya mohon supaya ini dipelajari dengan seksama, bagaicmana cara mengoperasikannya,  kemudian berikan sosialisasi kepada teman-teman di kantor  atau sampaikan kepada sekcam atau camat, untuk diberikan informasi,” imbuhnya.

Untuk melakukan kontrol terhadap absensi ASN tersebut, datanya akan terpampang di ruang Sekda dan Bupati  A Zaki Iskandar.  “Nah,  saya sekarang saya bagimana saya mengtrolnya,  jadi datanya ini nanti akan terpampang setiap  hari di ruang saya dan di ruang pak Bupati,  terus saya bisa melihat kehadiran masing-masing ASN  dari Satker itu sendir, barapa yang hadir dan yang absen,” pungkasnya.  (hend/raj)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.