Komisi IV Awasi Program Kemenhub di Banten

Komisi IV Awasi Program Kemenhub di Banten

JAKARTA – Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta, Rabu (24/2/2016). Mereka diterima Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Eddy Gunawan beserta jajarannya.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Banten, Ali Nurdin Abdul Gani mengatakan, kunjungan kerja ke Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub ini, dalam rangka konsultasi mengenai program dan kegiatan APBN tahun anggaran 2016 di wilayah Provinsi Banten. “Setiap tahun anggaran, Kemenhub mengalokasikan anggaran untuk Ditjen Perhubungan Darat,  karena itu kami minta penjelasan mengenai pelaksanaan program dan alokasi anggarannya,” kata Ali Nurdin di sela-sela kunjungan berlangsung.

Dalam kesempatan yang sama, Ali Nurdin menanyakan perihal penyebrangan kapal laut di Pelabuhan Merak-Bakauheni Lampung, mengingat untuk sandar kapal tersebut harus memakan waktu hingga dua jam.  “Kami ingin tahu permasalahannya, selain itu untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, perlu ada perbaikan dan penambahan marka jalan di wilayah Provinsi Banten,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Eddy Gunawan mengatakan, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ini mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan, standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur, bimbingan teknis, pengawasan, evaluasi serta pelaporan di Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. “Jadi kami melaksanakan program dan kegiatannya sesuai dengan tugas Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ini,” kata Eddy.

Menurut Eddy, untuk mempercepat sandar kapal penyebrangan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni Lampung, pihaknya akan membenahi aktivitas bongkar muat kapal di Pelabuhan tersebut.  “Kami akan mengatur waktu bongkar muat kapal di Pelabuhan Merak dan Bakauheni Lampung agar aktivitas sandar kapal tidak mengalami hambatan. Sedangkan untuk perlengkapan jalan dan marka jalan, ini sudah menjadi target dan sasaran program kami pada tahun anggaran 2016,”  ujarnya.

Diketahui,  Kemenhub mengalokasikan anggaran tahun 2016 sebesar Rp 48,46 triliun dengan fokus kerja untuk peningkatan keselamatan dan keamanan transportasi sebesar Rp 12,501 triliun, peningkatan kualitas pelayanan sebesar Rp 5,501 triliun, peningkatan kapasitas sebesar Rp 22,443 triliun, serta tata kelola dan regulasi/dukungan manajemen sebesar Rp 8,020 triliun.

Usai mendengarkan paparan dari Eddy, Ali Nurdin menyambut baik dan mengaku akan memperketat pengawasan pelaksanaan program dan kegiatan Kemenhub di wilayah Provinsi Banten. “Kami ucapkan terima kasih, karena sudah meluangkan waktunya untuk menerima kunjungan kerja Komisi IV,” ucapnya. (advertorial)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.