Komisi I Minta Kesbangpol Jalin Kerjasama dengan Lemhannas

Komisi I Minta Kesbangpol Jalin Kerjasama dengan Lemhannas
Posted by:

aaaSERANG – Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Banten, Muhammad Rano Alfath meminta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menjalin kerjasama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI. Antara lain dalam melaksanakan pembinaan terhadap organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, dan organisasi partai politik dengan menanamkan serta meningkatkan nilai-nilai kebangsaan di Provinsi Banten.

Dikatakan Rano Alfath, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Lemhannas di Jakarta, Kamis (11/6/2015), Lemhannas sudah membuka diri untuk menjalin kerjasama dengan Kesbangpol Provinsi Banten. “Jadi untuk meningkatkan nilai-nilai kebangsaan di Provinsi Banten, Kesbangpol harus menjalin kerjama dengan Lemhannas agar pembinaan terhadap organisasi kemasyarakatan dan organisasi yang lain di Provinsi Banten bisa maksimal,” kata Rano Alfath di Serang, kemarin.

Menurut Rano Alfath, Lemhannas memiliki tupoksi menyelenggarakan perumusan kebijakan secara konsepsional serta mengembangkan konsep-konsep di bidang pemantapan nilai-nilai kebangsaan, fungsi perumusan kebijakan teknis, pemberian bingbingan dan pembinaan di bidang pemantapan nilai-nilai kebangsaan, pelaksanaan pemantapan nilai-nilai kebangsaan, pengendalian terhadap kebijakan teknis pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Kemudian melaksanakan kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2006 dengan jumlah peserta 28 orang dari kalangan Anggota DPRD Kota atau Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia, kegiatan ini terus berlanjut dengan komposisi dari berbagai elemen masyarakat, pemuda, media, dosen, pengusaha, birokrat, tokoh masyarakat, tokoh adat, TNI, dan Polri.

“Dari keseluruhan kegiatan itu jumlah peserta hingga tahun 2015 berjumlah 8.543 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Rencananya pada tahun 2016 mendatang, kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan akan dilaksanakan di wilayah Provinsi Banten oleh Lemhannas. Ini tentu merupakan kabar baik, karena itu kami minta Kesbangpol Provinsi Banten melakukan koordinasi dengan Lemhannas secara terus menerus agar rencana itu bisa terwujud,” ujarnya.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten, Yeremia Mendrofa menambahkan, untuk mewujudkan kegiatan Lemhannas di wilayah Provinsi Banten, Kesbangpol juga harus segera mempersiapkan segala sesuatunya. “Kami juga minta program kerja Kesbangpol Provinsi Banten disamakan dengan program kerja Lemhannas, terutama program kerja yang berkaitan dengan pemantapan nilai-nilai kebangsaan. Termasuk melakukan sinergitas dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, pimpinan pondok pesantren, para ulama, dan kiyai melalui penanaman nilai-nilai kebangsaan sehingga berbagai acaman gangguan keamanan daerah bisa diantisipasi,” kata Yeremia. @

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.