Kebutuhan Micronutrien (Mineral) Manusia

Kebutuhan Micronutrien (Mineral) Manusia

korantangerang.com – Saat ini kita cukup sering mendengar tentang kebutuhan mineral harian bagian seseorang. Namun, seringkali kita tidak diberikan pengetahuan yang cukup terkait hal tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi pengetahuan tentang Kebutuhan Mineral bagi manusia.

Sesuai dengan namanya, mikronutrien atau nutrisi mikro adalah zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit, karena sangat sedikit itu dikatakan mikro. Zat gizi yang yang termasuk mikronutrien contohnya adalah Fe (besi), asam folat, zinc, iodium, dan vitamin A. Zat mikronutrien ini tidak diproduksi tubuh karena itu memerlukan tambahan dari luar dalam bentuk makanan atau suplemen. Walau jumlahnya sedikit, namun mikronutrien memiliki peranan penting dalam pembentukan dan kerja enzim-enzim pertumbuhan, maupun pembentukan hormon. Karena itulah defisit mikronutrien dalam tubuh akan menimbulkan gangguan kesehatan yang bermakna.

Mikronutrien terkandung dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari, mulai dari macam-macam beras, kacang, sayuran hijau, ikan, susu, serta produk turunannya. Contoh makanan harian agar kebutuhan mikronutrien terpenuhi.

  1. Kebutuhan Besi harian dapat terpenuhi dari 1/4 cup kacang merah matang
  2. Kalsium 240 gr sarden kaleng
  3. Iodium 1 buah telur rebus
  4. Magnesium 1 buah pisang ukuran sedang
  5. Zinc 240 gr daging sapi matang
  6. Potasium 1 buah tomat ukuran sedang
  7. Asam folat 1/2 cup bayam rebus

@Dewi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.