Kebersihan Toilet Menjadi Kunci Kesehatan

Kebersihan Toilet Menjadi Kunci Kesehatan

Kebersihan sesungguhnya adalah hal mutlak dan wajib dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa demikian karena kebersihan adalah pangkal kesehatan. Maka wajar bila dalam agama islam, terdapat sebuah hadis yang menyatakan bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Hal tersebut diungkapkan Nurhayati S.Pd Kepala SD Negeri Bubulak 2 UPT Dikdas Kecamatan Batuceper Kota Tangerang.

Dia memaparkan, perihal terpenting dalam menjaga kesehatan terletak pada kebersihan toilet dimanapun berada. Maka dari itu, sejak dini, dirinya senantiasa selalu menanamkan kebersihan toilet kepada siswa.

“Toilet yang bersih merupakan kunci kesehatan, kalau bersih dan sehat siswa kita akan merasa nyaman dalam belajar, makanya senantiasa saya tanamkan kebersihan toilet sekolah sejak dini,” ujar kepala sekolah yang akrab di sapa Bu Nunung, Kamis (16/2).

Lebih lanjut Dia menguraikan, dalam mewujudkan program “Toilet Bersih Sekolah Sehat” tentunya membutuhkan kerjasama semua pihak, kuncinya adalah membentuk kesadaran warga sekolah akan pentingnya mencintai lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Selain toilet dirinya juga mengaku menjalankan program kantin sehat yang hingga kini terus dibangun sarana pendukungnya, hal tersebut adalah sebagai penunjang adiwiyata.

“Alhamdulillah siswa kita sudah mulai menyadari, setiap hari petugas kebersihan juga selalu memastikan kondisi toilet bersih baik dari sisa air kencing maupun sisa kotoran BAB.

“Ini semua tak lepas dari bimbingan pak kadis, program ini sangatlah bermanfaat untuk kita semua,” tambah Dia

Seperti diketahui, suasana toilet di SDN Bubulak 2 memang menyegarkan, selain bersih paduan warna hijau serta beberapa hasil kreatifitas siswa yang terpajang di dinding toilet menambahkan keelokan di dalamnya.

Ade Ahdiani S.Pd pengawas TK/SD Gugus 1 mengatakan, SDN Bubulak 2 menjadi salah satu perwakilan di UPTD Kecamatan Batuceper yang berlomba ditingkat kota dalam program tersebut. Dirinya juga mengakui potensi sekolah binaannya bisa menjadi yang terbaik pada penilaian tingkat kota.

“Sepengetahuan saya SDN Bubulak 2 memiliki potensi untuk jadi yang terbaik di kota, itu semua berdasarkan pengawasan kita di lapangan,”katanya.

Selain itu Adi petugas kebersihan sekolah setempat menerangkan, setiap hari dirinya selalu menjaga dan memastikan kebersihan toilet.

“Setiap hari saya kontrol bang, kita maklumilah bang kalau anak-anak kadang belum sepenuhnya terbiasa dengan kebersihan toilet. Kadang mereka terlalu sedikit menyiramnya atau juga lupa menyiram area sekitar toilet,” tutur Adi. (helmi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.