Ke Gunung Ungaran, Jangan Lupa Coba Paralayang

korantangerang.com – Saat liburan ke Semarang, cobalah mampir ke kaki Gunung Ungaran di Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah persis di dekat Umbul Sidomukti. Anda bisa mencoba sensasi terbang menggunakan paralayang dari kaki Gunung Ungaran.

Ketua Kepala Pengurus Cabang Federasi Aero Sport Indonesia Kabupaten Semarang, Adi Subardi (42) mengatakan, wisatawan bisa terbang menggunakan paralayang selama 8-15 menit. Nantinya, wisatawan akan terbang bersama seorang instruktur paralayang.

“Saat terbang wisatawan bisa lihat Rawa Pening, Ambarawa, Kota Ungaran, Salatiga juga bisa melihat perumahan dan sawah,” kata Adi.

Adi menambahkan setiap hari wisatawan bisa mencoba terbang dari kaki Gunung Ungaran. Pada Sabtu dan Minggu, lanjut Adi, penyedia jasa terbang paralayang bisa ditemukan di pelataran warung tepat di area kemah kaki Gunung Ungaran.

“Ini kan Gunung Ungaran sudah unggul destinasinya karena Umbul Sidomukti. Sudah dapat tempat, cuaca, dan view-nya langsung kita kembangkan wisata paralayang. Dengan adanya paralayang, Umbul Sidomukti bisa bertambah atraksi wisatanya,” tambahnya.

Jika ingin mencoba wisata paralayang di Gunung Ungaran, wisatawan dikenakan biaya Rp 350.000. Wisatawan bisa datang langsung ke gedung pertemuan Umbul Sidomukti atau ke Resto Pondok Kopi Umbul Sidomukti untuk pendaftaran wisata paralayang.

“Kalau masih bingung, wisatawan bisa tanya di pos registrasi masuk Umbul Sidomukti. Nanti petugas akan mengarahkan,” jelasnya.

Dari area kemah kaki Gunung Ungaran, titiktake off paralayang berada di sebuah bukit. Wisatawan terlebih dahulu menyusuri jalur pendakian Gunung Ungaran kurang lebih satu kilometer sebelum tiba di titik take off.

Gunung Ungaran adalah salah satu gunung yang bisa didaki di provinsi Jawa Tengah. Pendaki bisa melewati tiga pos pendakian yakni Pos Bedengan, Pos Pronojiwo, dan Pos Bukaan juga kebun teh dan kopi sebelum tiba di Puncak Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran berketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain mendaki gunung, wisatawan juga bisa berkemah di kaki Gunung Ungaran. @DF