Kapolsek Balaraja Lakukan Cek Harga Sembako Di Pasar Sentiong

korantangerang.com – Kapolsek Balaraja bersama Muspika Kecamatan Balaraja melakukan pengecekan harga sembilan bahan pokok (Sembako) di pasar Sentiong,  Balaraja Kabupaten Tangerang, Selasa (12/12).

Di Pasar Sentiong Balaraja, Kapolsek Balaraja beserta aparat gabungan diantaranya Satpol PP dan pihak Desa Tobat sekitar pukul 14.00 WIB, mengecek perkembangan harga sembako di lokasi tersebut.

Kapolsek Balaraja Kompol Wendi Andianto berdialog langsung dengan pedagang sayur mayur, beras, serta pedagang sembako lainnya.  Hasilnya, didapatkan informasi harga sembako di pasar tersebut relatif stabil, sementara stok juga masih aman.

Ahmad, pedagang sayur mayur saat ditanya mengatakan, saat ini harga kentang Rp14 ribu per kilogram, cabai rawit Rp24 ribu per kilogram, bawang merah Rp20 per kilogram.

“Hanya cabai merah yang mengalami kenaikan dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram, tomat dari harga Rp8 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram,” ujarnya.

Kenaikan serupa terjadi pada komoditi lainnya yaitu beras. Ridwan pedagang beras di pasar itu mengatakan terjadi kenaikan sebesar Rp500 untuk tiap liter beras.

Sementara harga daging sapi dan daging kerbau dijual dengan harga Rp110 ribu per kilogram. Harga sembako lainnya pun relatif stabil, harga telur ayam dijual seharga Rp25 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp10 ribu per kilogram dan gula putih Rp12 ribu per kilo gram.

Kapolsek Balaraja mengatakan, ada empat komoditas yang termasuk kategori bahan kebutuhan pokok yaitu daging sapi, minyak goreng curah dan gula pasir masih terpantau stabil.

Adapun terhadap 11 komoditas pendukung lain seperti cabai, bawang merah dan telur, meski beberapa di antaranya mengalami kenaikan, namun masih tergolong wajar.

“Dua pekan menjelang Natal, harga-harga kebutuhan pokok masih terpantau stabil begitu juga dengan ketersediannya masih aman. Mudah-mudahan kondisi ini bisa bertahan hingga tahun baru 2018 nanti,” ujarnya.

Kapolsek Balaraja menegaskan, akan terus memantau fluktuasi harga dan stok sembako di sejumlah pasar tradisional dan modern di wilayah hukum Polresta Tangerang sampai akhir tahun 2017.

Kapolsek Balaraja, akan menindak tegas jika ada oknum pedagang yang memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru ini untuk meraup keuntungan pribadi dengan menaikan harga.

“Kami juga menekankan kepada para pedagang untuk tidak coba-coba menimbun bahan kebutuhan pokok yang berdampak pada melonjaknya harga. Kami akan menindak setiap oknum pedagang yang bermain dengan stok dan harga sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku,” tukasnya. (Mulyadi)