Jelajah Rumah Adat Raksasa di Pontianak!

korantangerang.com – Pontianak ternyata punya bangunan rumah adat raksasa khas dari Suku Dayak, namanya Rumah Radakng. Saking besarnya, rumah ini mampu menampung hingga 50 keluarga sekaligus. Wow!

Rumah Radakng adalah sebutan untuk rumah panjang suku Dayak Kanayatn di Provinsi Kalimantan Barat. Hingga saat ini, rumah Radakng tercatat sebagai rumah adat terbesar di Indonesia.

Ukurannya saja mencapai 138 meter untuk panjang, dan 7 meter untuk ketinggian. Informasi yang dihimpun detikTravel, Kamis (27/8/2015) rumah ini hanyalah rumah replika, bukan rumah sesungguhnya.

Meskipun cuma replika, tapi bangunannya baik dari segi desain luar maupun interior, disesuakan persis seperti bangunan aslinya. Rumah Radakng yang asli dinaiki bukan dengan tangga, tapi dengan batang pohon besar yang dibentangkan di depan rumah.

Bisa dibayangkan betapa besarnya rumah asli suku Dayak Kanayatn itu. Puluhan tiang penyangga dengan lukisan ornamen khas Dayak pun menjadi pemandangan tersendiri. Kapan lagi traveler bisa melihat rumah adat sebesar ini.

Replika rumah Radakng ini langsung menjadi ikon terbaru dari Kota Pontianak, menyaingi Tugu Khatulistiwa. Traveler yang penasaran, bisa langsung berkunjung ke rumah yang diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat pada tanggal 2 Juli 2013 ini. Rumah Radakng terletak di Jalan Sutan Syahrir, Kota Baru, Pontianak. Rumah ini dibangun di kawasan kampung budaya kota Pontianak.

Selain rumah Radakng, traveler juga bisa melihat rumah adat Khas Melayu yang terletak satu kompleks di kawasan kampung budaya kota Pontianak. Traveler belum sah rasanya kalau ke Pontianak, jika belum pernah menginjakkan kaki ke Rumah Radakng!

 

(MEW)