Jangan Simpan Salah Satu Sayuran Ini ke Dalam Kulkas

Jangan Simpan Salah Satu Sayuran Ini ke Dalam Kulkas

korantangerang.com – Menyimpan segala jenis makanan di dalam kulkas menjadi alternatif terbaik untuk menjaga makanan tetap segar. Dan kebanyakan dari kita meyakini makanan akan lebih segar bila disimpan di kulkas. Namun, tidak semua makanan bisa disimpan di kulkas.

Menyimpan kentang dalam suhu dingin dapat membuat cita rasa kentang berubah. Pati kentang yang terpapar suhu dingin dapat berubah menjadi gula.

Melalui situs resmi, Food Standards Agency (FSA) menyebut, kentang sangat tidak direkomendasikan untuk disimpan dalam kulkas. Ternyata saat berada di suhu dingin, zat tepung yang terkandung di dalamnya terkonversi menjadi gula.

“Jika dibakar atau digoreng, gula ini bercampur dengan  amino acid asparagine dan menghasilkan bahan kimia acrylamide. Inilah yang membuat kentang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas.”

Olahan kentang yang sebelumnya disimpan di kulkas dapat menghasilkan bahan kimia berbahaya. Kentang yang masih mentah sebaiknya disimpan di tempat yang kering dengan suhu dingin alami.

Gula secara otomatis menggabungkan asam amino aspargin dan menghasilkan zat yang disebut akrilamida. Seperti diketahui, acrylamide ini adalah karsinogen genotoksik yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Bahan kimia ini digunakan di dunia industri khususnya dalam produksi kertas, pewarna, dan plastik. Bisa juga ditemui dalam bahan pembungkus makanan.

Meski dampaknya dalam jangka panjang. Namun kebiasaan menyimpan kentang dalam suhu dingin sangat tidak dianjurkan. Solusinya, simpan kentang dalam tempat sejuk, kering dan gelap. Cara ini lebih maksimal dalam menjaga kualitas kentang dan tetap aman dikonsumsi.

Anda tidak perlu khawatir karena badan pengawas makanan menyarankan bagi Anda untuk tidak menyimpan kentang di dalam kulkas lagi.

Simpanlah kentang di tempat yang kering di ruang terbuka, serta menjalani pola makan sehat dengan mengakses instruksi di situs badan pengawas makanan.

Selain itu BPOM juga merekomendasikan ketika membuat keripik kentang di rumah, usahakan untuk menggorengnya hingga matang berwarna kuning keemasan.

Tak hanya kentang mentah yang memiliki resiko mengeluarkan zat berbahaya, keripik kentang dan kentang goreng.@Dewi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.