Instagram Sukses Ramal Masa Depan 6 Model Cantik

0127239Instagram780x390Tak hanya sebagai layanan berbagi foto, Instagram kini juga bisa memprediksi siapa yang bakal jadi model terkenal di masa depan.

Enam dari delapan wajah baru yang sebelumnya telah diprediksikan akan jadi populer, saat ini terbukti tengah menjadi sorotan di dunia model.

Enam orang model cantik tersebut adalah Sofie Tesmenitskaya, Arina Levchenko, Renata Scheffer, Sasha Antonowskaia, Melanie Culley dan Phillipa Hemphrey.

Dalam proses kontemplasinya, para peneliti menguji beragam statistik sebagai indikator. Antara lain warna rambut dan mata, tinggi, ukuran pinggul, dada, pakaian serta ukuran sepatu. Sebagai sampel, diambil 400 model baru dari agensi Fashion Model Directory (FMD).

Beberapa metrik seperti jumlah pengikut (follower), frekuensi mengunggah konten, jumlah yang menyukai (like) dan berkomentar, serta nada komentar (positif atau negatif), dijadikan ukuran dasar dalam memprediksi.

Tentu saja ada dilema dan ironi dalam hal ini. Seakan model-model yang aktif di Instagram saja yang bakal jadi terkenal. Sementara yang lebih introvert dan tak membuka diri bakal sulit terkenal.

Namun, suka atau tidak, menurut tim peneliti, di industri fesyen memang tampilan visual adalah hal utama yang harus ditonjolkan. Dalam hal ini, Instagram telah memediasi para model untuk memamerkan tampilan visualnya dengan cara kreatif masing-masing.

“Media sosial telah mengubah aturan main para model. Dulu model tak berinteraksi dengan konsumen. Namun kini aktivitas online para model justru berperan paling besar untuk mendongkrak popularitas dan kesuksesan mereka,” kata kepala peneliti, Giovanni Luca Ciampaglia. (Agusri)