Ini Tips Mempersiapkan Tubuh Menjalani Bulan Ramadhan

Ini Tips Mempersiapkan Tubuh Menjalani Bulan Ramadhan
Posted by:

ramadhanUmat muslim selalu menyiapkan segala sesuatunya dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Harapannya, ibadah dan puasa yang dilakukan dapat berjalan lancar tanpa keluhan apapun.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk kesehatan tubuh sebelum menjalankan ibadah bulan Ramadhan.

Pertama, lakukan puasa sunnah, sehingga ketika Anda berpuasa di bulan Ramadhan, tubuh Anda sudah tidak lemas untuk awal puasa. Dengan berpuasa di bulan sya’ban, selain sunnah, ini juga akan membuat tubuh Anda terbiasa beradaptasi dengan perubahan pola makan.

Kedua, untuk yang menderita diabetes dan terbiasa mengkonsumsi obat, mulailah dengan biasa mengkonsumsi obat satu hari hanya dua kali. Sehingga pada bulan Ramadhan, hanya pergeseran waktu mengkonsumsi obat saja yang berubah, yaitu pada sahur dan buka puasa.

Ketiga, datangnya bulan Ramadhan bukan berarti mengurangi aktifitas Anda, karena anda takut merasa capek dan lelah karena cuaca panas dan sedang puasa. Justru yang anda lakuakan adalah mendengarkan sinyal tubuh anda dan percayakan tubuh anda mampu memnghadapi apapun. Jadi, puasa bukan menjadi alasan untuk anda malas beraktivitas.

Keempat, tidak perlu mengurangi porsi makanan sebelum datang bulan Ramadahan. Yang pelu Anda lakukan adalah menjaga kualitas makanan agar nutrisi, vitamin, dan serat di dalam tubuh tetap terpenuhi.

Kelima, untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, maka saat sahur usahakan minum air mineral sebanyak delapan gelas. Kemudian hindari minuman manis dan bersoda, serta makanan-makanan manis saat sahur.

Sumber : republika.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.