Implementasikan Visi dan Misi,SDN Kedaung Wetan 5 Wujudkan Sekolah Berbudaya Dan Peduli Lingkungan

Implementasikan Visi dan Misi,SDN Kedaung Wetan 5 Wujudkan Sekolah Berbudaya Dan Peduli Lingkungan

Korantangerang – Sejalan dengan semangat Pemkot Tangerang yang terus berupaya agar sekolah berpredikat Adiwiyata semakin banyak dan bisa berkontribusi nyata terhadap lingkungan bagi upaya penyelamatan lingkungan hidup di Kota Tangerang, SDN Kedaung Wetan 5 terus melakukan berbagai inovasi dalam mengimplementasikan visi, misi, dan tujuan, terutama terkait soal lingkungan.

SDN Kedaung Wetan 5 dengan visi terwujudnya generasi muda yang sehat, cerdas, kompetitif, dan peduli lingkungan berlandaskan imtaq dan iptek serta misi antara lain menciptakan lingkungan sekolah yang asri dan nyaman, mewujudkan sekolah berbudaya dan peduli lingkungan hidup untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata.

Pihak sekolah dimotori oleh Kepala Sekolah , Napis Sutisna melakukan berbagai upaya untuk menerapkan budaya lingkungan sehat, dalam lingkup penghijauan maupun pembentukan karakter siswa dalam menjaga lingkungan sebagai penerapan hidup bersih dan sehat.

Napis mengatakan, berkaitan dengan lingkungan maka yang dilakukan adalah penghijauan.

“Untuk menanamkan budaya lingkungan sehat, di antaranya kami menanam berbagai jenis tanaman termasuk hidroponik”jelasnya.

Sementara itu, dalam upaya pembentukan karakter siswa dalam menjaga lingkungan, Napis mengatakan, tidak hanya sekedar ada banyak pohon dan tanaman semata, tetapi sebagai media pembelajaran untuk siswa dalam pemberian materi tentang tanaman dan manfaatnya dalam kehidupan sehari Hari.

“Misalnya tanaman yang berbuah atau memiliki banyak manfaat. Sehingga bisa menjadi wadah pembelajaran untuk siswa,” ucap Napis.

Itu semua agar penghijauan yang dilakukan di sekolah, tidak hanya sekedar menjadikan lingkungan yang asri, tetapi juga menjadi wadah pengetahuan untuk siswa.Sebagai media pembelajaran, maka tanaman yang ditanam pun dipilah-pilih.

Selain itu, siswa juga dilibatkan untuk bertanggung jawab dan mencintai tanaman dengan cara dari rumah para siswa membawa botol plastik bekas diisi air lalu menyiramkan bunga dan tanaman yang ada di lingkungan sekolah.

Untuk membentuk karakter siswa dalam hal menjaga kondisi lingkungan, Napis mengatakan, pihak sekolah juga membiasakan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah.

“Selain penghijauan, di sisi lain, yang terutama adalah propaganda untuk buang sampah pada tempatnya sesuai jenis sampahnya kepada para siswa,” katanya.

Siswa memilah sampah ketika akan membuangnya. Misal untuk sampah organik, nanti buang ke tempat sampah organik. Kemudian untuk sampah yang anorganik, nanti buang ke tempat sampah yang anorganik.

“Ini supaya anak-anak langsung ingat dan tahu, dan langsung bisa melaksanakan,” tuturnya.

Sementara itu terkait sarana prasarana penunjang hidup bersih seperti tempat sampah yang terpilah, saluran air yang bagus, sarana cuci tangan, dan toilet di SDN Kedaung Wetan 5 sudah tersedia.

Disamping itu juga dibentuk tim khusus yang terdiri dari para guru untuk menunjang terwujudnya Pola Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan sekolah.

“Dan nantinya ada satu Hari Bersih Sekolah dalam setiap minggunya dimana siswa dan guru bersama sama membersihkan sekolah dan lingkungannya dari sampah.”pungkasnya.(zher).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.