HUT RI Ke 72,Pemkot Tangerang Luncurkan Program Kesehatan

HUT RI Ke 72,Pemkot Tangerang Luncurkan Program Kesehatan

Korantangerang.com.Kota Tangerang – Dalam perayaan Hari Ulang Tahun Proklamasi kemerdekaan RI yang ke 72, Pemerintah Kota Tangerang meluncurkan berbagai program kesehatan antara lain, Programming Kesehatan Babar Bahagia, Program Kesehatan Ambulans Smart 119 dan Program Kesehatan Cageur Jasa.

Program Kesehatan Babar Bahagia yang merupakan kependekan dari Ibu dan Bayi Cageur (Sehat) bawa Akta Lahir, Kartu Keluarga dan Kartu Indonesia Sehat, adalah inovasi pelayanan publik yang komprehensif dari Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang untuk memudahkan masyarakat yang bersalin di Puskesmas untuk mendapatkan dokumen Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga serta jaminan Kesehatan Kartu Indonesia Sehat.

“Jadi nanti data kelahiran di RS sudah terintegrasi dengan data kependudukan dari Dukcapil,” jelas Wali Kota sesaat setelah acara peluncuran.

Sementara itu, Program Ambulans Smart 119 adalah sistem Manajemen Ambulans Rujukan Terintegrasi untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan pertolongan kegawatdaruratan. Ambulans ini dilengkapi fasilitas penunjang kesehatan dan dapat diakses melalui Call Center Dinas Kesehatan di nomor 021-5577115.

Sedang Program Cageur Jasa, yang singkatan dai Colaborasi Kunjungan Rumah Terintegrasi Keluarga Sehat merupakan program pelayanan petugas kesehatan kesehatan ke rumah warga untuk mendata dan menindaklanjuti apabila terdapat permasalahan kesehatan warga dan melakukan edukasi kesehatan secara langsung kepada masyarakat.

“Untuk Ambulans Smart 119 lebih ditujukan kepada pelayanan pasien yang membutuhkan rujukan, artinya pelayanannya antar fasilitas kesehatan. Kalau yang ambulan gratis itu lebih ke upaya jemput bola dari rumah pasien ke fasilitas kesehatan, jadi beda,” jelas Sekertaris Dinas Kesehatan dr. Henny.

“Sedang Program Cageur Sehat, sifatnya lebih ke pemberian edukasi kesehatan ke masyarakat langsung, makanya petugasnya pakai motor biar lebih luas cakupan pelayanannya,”

“Untuk mobil Ambulan Smart 119 itu sekarang ada 10 unit, sedang untuk motor Program Cageur Sehat ada 12 unit kedepan kita tambah lagi jadi 66 unit, targetnya satu puskesmas 2 motor layanan,” pungkasnya.(zher).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.