HPN 2017 HADIRKAN BERKAH BAGI PROVINSI MALUKU

HPN 2017 HADIRKAN BERKAH BAGI PROVINSI MALUKU

Korantangerang.com – Pers dan Rakyat Maluku Bangkit Dari Laut. Itulah tagline perayaan hari pers nasional ( HPN ) 2017 yang akan diselenggarakan di Kota Ambon. Pers bersama-sama rakyat Maluku sepakat untuk memberikan kemajuan bagi Provinsi Kepulauan ini. Yang ditandai dengan pesta Teluk Ambon ke 11 pada tanggal 8-10 September 2016 lalu. Pemerintah Provinsi dan panitia HPN 2017 menabuhkan gong tanda Kota Ambon di lauching sebagai host HPN 2017.

Panitia HPN 2017 baik di pusat maupun di daerah terus bersinergi menghadirkan inovasi-inovasi yang berguna demi kemajuan Provinsi Maluku yang telah direncanakan dengan apik. Ketua Umum PWI Pusat sekaligus penanggung jawab HPN 2017 Margiono mengatakan, pers hadir untuk ikut berperan dalam percepatan pembangunan di Provinsi Maluku.

” HPN 2017 memberikan semangat untuk kebangkitan dan kejayaan Maluku. Pers ikut berperan aktif dalam akselarasi pembangunan Maluku,” ucap Margiono di Jakarta, (2/3).

Rangkaian kegiatan Road to HPN 2017 sudah dimulai sejak penghujung tahun 2016, baik yang digelar di Jakarta maupun di Ambon. Kegiatan pertama yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, September tahun lalu, menghadirkan pembicara Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Mentri Riset dan teknologi M.Nasir. Kedua menteri ini membahas proyeksi pembangunan di Provinsi Maluku yang berbasis parikanan dan kelautan.

Ambon pun tak kalah ketinggalan. Salah satu wujud komitmen panitia HNP 2017 untuk membangun sumber manusia yang berkualitas di Maluku mengadakan kegiatan seminar Motivasi pemuda bertujuan “creativepreneurship” yang diikuti 2.000 mahsiswa dari Universitas Pattimura. Tentang pelatihan bagaimana meningkatkan daya saing, dan meningkatkan jiwa wirausaha ( charater building ) serta keterampilan wirausaha ( Competency Building ). Kegiatan serupa kemudian juga dilakukan pada januari 2017. Kali ini giliran 500 siswa SMA se Kota Ambon dihadirkan untuk mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan “Creativeleadership”, Ujarnya

Bantuan dari Kementarian lewat ajang akbar ini, Provinsi Maluku memperoleh berka. Selain akan dihadiri oleh ribuan Watawan se Indonesia, melalui, HPN 2017 Provinsi Maluku juga akan mendapat bantuan dana dari pemerintah Pusat. Hal ini sesuai dengan komitmen Panitia HPN 2017 agar perhelatan akbar ini memberikan dampak langsung dan konkret bagi masyarakat Maluku.

” Panitia pusat berupaya agar HPN memberikan dampak yang konkret bagi rakyat Maluku”, Kata Ketua Panitia. HPN 2017 M.Ihsan.

Berkah bagi Maluku selaku Tuan rumah HPN 2017 yakni berupa bantuan dari berbagai kementerian- kementrian. Kementerian Perhubungan melontarkan beberapa bantuan kepada rakyat Maluku. Bantuan pertama yang diberikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumandi adalah Bus BRT kapasitas 48 seats sebanyak 16 unit. Bus perintis ini nantinya akan diserahkan pada saat peringatan puncak HPN 2017 oleh Presiden Jokowi. Bantuan kedua, yakni dua buah kapal penyeberangan ASDP yang sudah siap untuk beroprasi.

Bantuan ketiga yang nantinya akan menjadi ikon bagi provinsi Maluku, dan juga merupakan bantuan yang paling penting karena menyangkut pembangunan sumber daya manusia yakni Pendidikan Vokasi.

Kemenhub meminta Pemprov Maluku menyediakan 1.000 orang pemuda, untuk dilatih dalam sekolah vokasi kelautan. Rencananya, sekolah vokasi ini akan dilakukan di atas kapal-kapal milik PT PELNI. Kemenhub berkerjasama dengan Universitas Pattimura Ambon untuk menyediakan 1.000 orang peserta pendidik vokasi.

Bantuan ke empat Pembinaan Pelayaran Rakyat, berupa pemberian life jacket dan bantuan subsidi kepada pengusaha- pengusaha kapal di Maluku. Dan sumbangsih terakhir dari Menhub adalah Aktualisasi Tol Laut dan Tol Logistik Laut. Selanjutnya adalah Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral yang memberikan bantuan “Lampu Matahari” bagi warga Maluku yang rumahnya belum mendapatkan aliran listrik dari PLN. Lalu ada penyerahan sertifikat kepada rakyat Maluku dari Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN).

Kementerian Lingkungan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.