Hasil Penelitian Siswa SMA Dibawa NASA ke Luar Angkasa

Hasil Penelitian  Siswa SMA Dibawa NASA ke Luar Angkasa

korantangerang.com – Suatu penelitian sangatlah sulit untuk dilakukan bagi orang yang awam. Bahkan para professor atau para ahli ilmuan yang berpengalaman pun sulit untuk mengatasinya. NASA memiliki standar yang tinggi bagi siapapun yang ingin meneliti di luar angkasa.

Yakni dari tim siswa SMA Unggul Del di Laguboti, Sumatera Utara. Kini sudah berhasil meneliti cara menumbuhkan tempe di luar angkasa. Mereka tadinya bertujuan untuk mempelajari pertumbuhan ragi dalam kondisi gravitasi yang mendekati nol. Dan ada lagi dari tim siswa gabungan dari SMA di Jakarta dan Bandung yang mempelajari pertumbuhan padi di luar angkasa.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memberikan penghargaan terhadap sejumlah siswa Indonesia yang penelitiannya diluncurkan ke luar angkasa oleh Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA.

“Ini prestasi yang membanggakan. Saya berharap prestasinya dipertahankan dan dapat menjadi inspirasi bagi siswa di Tanah Air,” ujar Mendikbud Anies Baswedan.

Perangkat micro-lab yang dirancang oleh para siswa SMA tersebut dilengkapi dengan kamera digital dan perangkat pengendali jarak jauh, sehingga pertumbuhan ragi dan padi dalam selama eksperimen berlangsung dapat diamati dari bumi atau di maanapun tempat asal terhubung dengan internet, dengan mengunduh foto-foto dari micro-lab yang dipancarkan dari ISS ke bumi. Para siswa dari Indonesia akan mengamati dan mencatat eksperimen mereka.

Para siswa SMA Indonesia tersebut sudah mendapat undangan untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka di Annual Conference of the American Society for Gravitational and Space Research di Washington DC pada November 2016.@Dewi

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.