Hari Ini Rupiah Menjadi Rp14.450

Penguatan dolar Amerika Serikat (AS) di perdagangan Asia membuat nilai dolar AS meroket hingga ke Rp14.450 per USD. Penguatan didukung oleh kenaikan yield obligasi AS, setelah data konsumen diyakini membuat the Federal Reserve AS menaikkan suku bunga pada pertemuan dua hari ini.
Melansir Bloomberg Dollar Index, Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) melemah 42 poin atau 0,2 persen menjadi Rp14.450 per USD. Pagi ini, Rupiah bergerak di kisaran Rp14.398-Rp14.454 per USD.
Departemen Perdagangan mengatakan penjualan ritel termasuk mobil, bensin, bahan bangunan dan jasa makanan meningkat 0,4 persen pada Agustus setelah kenaikan 0,6 persen direvisi pada bulan Juli. Bahwa data mengimbangi angka terpisah yang disarankan aktivitas manufaktur melemah.

Petugas menunjukan uang kertas pecahan Rp100ribu di Cash Center Bank Mandiri, Jakarta, Senin (25/11). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Senin pagi melemah menjadi Rp11.715 per dolar AS, sedangkan dalam transaksi antarbank di Jakarta turun 13 poin dari posisi Rp11.702 per dolar AS pada 22 November, hal tersebut disebabkan pelaku pasar merespon hasil Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pekan lalu yang masih mensinyalkan adanya pengurangan stimulus keuangan. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/ed/pd/13

Namun, banyak yang bertaruh bahwa pasar global yang baru-baru stabil dan semakin banyak bukti adanya perlambatan pertumbuhan di China, akan membuat The Fed tetap mempertahankan suku bunganya bulan ini.
“Kami mengharapkan the Fed untuk tetap mempertahankan suku bunga pada pertemuan September, menunda kenaikan suku bunga membuat risiko penurunan prospek setelah stres pasar keuangan baru-baru ini,” kata ekonom di Barclays seperti dilansir dari Reuters, Rabu (16/9/2015)
Inflasi telah jatuh dari perkiraan Fed selama tiga tahun terakhir, dan kenaikan gaji di pasar tenaga kerja AS, menciptakan teka-teki kebijakan dari para pembuat kebijakan di bawah Gubernur the Fed, Janet Yellen.
Indeks dolar, yang melacak greenback terhadap enam mata utama lainnya tercatat stabil di perdagangan AS di 95,587, jauh di atas tiga minggu rendah 94,913 menyelami Senin.