Gedung Tower 3 UMN Berkonsep Ramah Lingkungan

Gedung Tower 3 UMN Berkonsep Ramah Lingkungan

Peduli terhadap lingkungan, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) turut berkontribusi dalam gerakan penghematan energi nasional melalui pembangunan gedung perkuliahan ketiga yang mengusung konsep hemat energi.
Pembangunan Tower 3 UMN tersebut kini telah mencapai tahapan topping off dan menjadi langkah konkrit dari UMN untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam menghemat energi nasional.
Jika sebelumnya New Media Tower sudah beberapa kali mendapat penghargaan sebagai gedung hemat energi dari dalam dan luar negeri, maka melalui Tower 3 dengan konsep serupa diakui juga dalam rangka melanjutkan budaya tersebut.
“Faktanya karena pemanasan global, semua pihak akhirnya dituntut untuk go-green. UMN pun merasa terpanggil untuk berkontribusi. Salah satu caranya adalah dengan membangun gedung perkuliahan yang hemat energy,” ungkap Dr. Ninok Leksono, Rektor UMN pada seremoni topping off di lokasi Tower 3 UMN, Jum’at (27/01/2016).
Seperti Gedung New Media Tower, Tower 3 juga menggunakan double skin yang memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan sehingga ruangan cukup dingin dan terang.
Keberadaan roof garden di beberapa lokasi tidak hanya membuat Tower 3 menjadi lebih asri, tetapi juga membuat udara mejadi lebih sejuk. Lalu, cerobong-cerobong udara yang memanfaatkan perbedaan tekanan udara membuat basement nantinya tidak perlu menggunakan exhaust fan.
Diakui Indonesia berpotensi mengalami krisis energi dalam beberapa tahun mendatang. Hal ini, didukung oleh data Indonesian Petroleum Association yang menyebutkan bahwa ada kesenjangan antara permintaan energi yang tinggi dan pasokan produksi minyak di dalam negeri yang kian menipis.
Tak hanya itu, menurut data Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, penggunaan energi fosil hingga tahun 2015 mencapai 94% dari total konsumsi energi nasional. Masyarakat pun dihimbau oleh pemerintah untuk melakukan penghematan energi. (Nji)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.