Gambar NASA Ungkap Pola Aneh yang Muncul di Bukit Mars

korantangerang.com – Dilihat secara sekilas, Mars kelihatannya mencoba untuk menggunakan kode morse. Namun, pada kenyataannya, serangkaian titik dan garis aneh membentuk daerah luas dari bukit pasir di permukaan Planet Merah.

Para ahli percaya, jumlah terbatas dari pasir di Mars telah menyababkan pola aneh yang terbentuk karena tiupan angin Mars. Gambar menakjubkan ini diambil di bidang Hagal Dune.

Menurut operator Hi-RISE, cahaya tampak dan dekat kamera IR Mars Reconnaissance Orbiter, depresi yang melingkar di dekatnya merupakan penyebab dari pola. Mungkin sebuah kawah tua itu telah membatasi jumlah pasir yang tersedia untuk pembentukan gundukan dan dipengaruhi angin lokal. Akibatnya, bukit-bukit pasir di sini membentuk titik dan garis yang berbeda.

Stip adalah bukit liniear yang dibentuk oleh angin bi-directional, yang tidak sejajar dengan bukit pasir. Sebaliknya, efek gabungan angin dari dua arah pada sudut kanan bukit-bukit pasir, corong materi menjadi bentuk linear.

Semakin kecil titik-titik terjadi di mana ada beberapa gangguan pada proses pembentukan bukit linear mereka. Proses ini tidak dipahami dengan baik saat ini dan merupakan salah satu motivasi bagi gambar HiRISE daerah ini. Demikian sebagaumana dilansir Daily Mail, Selasa (12/7/2016). @DF