Fokus Peningkatan Pendidikan Dimulai dari Daerah Pinggiran

Fokus Peningkatan Pendidikan Dimulai dari Daerah Pinggiran

KORANTANGERANG.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara. Dalam kesempatan itu, ia juga meresmikan dua sekolah, yakni Sekolah Luar Biasa (SLB) Daruba Pulau Morotai dan SMK Maritim Muhammadiyah Halmahera Timur.

Concern kami sekarang pada pembangunan yang dimulai dari daerah pinggiran, yaitu terluar, tertinggal dan terpencil. Presiden Jokowi sangat ingin daerah-daerah ini maju duluan, jangan kalah daerah tengah,” ucapnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (17/12/2016).

Dia menjelaskan, Ternate memiliki sejarah panjang kesultanan yang pernah jaya. Oleh sebab itu, lanjut Muhadjir, jangan sampai sejarah tersebut dilupakan generasi muda.

“Spirit kejayaan itu perlu ditanamkan agar semangat untuk maju masyarakat pinggiran tetap menyala. Untuk itu masyarakatnya harus kuat, negara harus hadir, salah satunya dengan memperkuat bidang pendidikan untuk menyiapkan sumber daya manusia,” terangnya.

Saat ini, kata Muhadjir, pemerintah tengah memprioritaskan pendidikan kejuruan dan karakter. Upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk investasi sumber daya manusia melalui pendidikan yang kemudian menjadi modal soft infrastructure.

Soft infrastructure yang sangat penting untuk mengimbangi hard infrastructure yang sedang gencar dibangun dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Mendikbud berharap pelaku pendidikan di Maluku Utara bekerja lebih keras lagi agar tidak tertinggal dari daerah lain.

“Semangatnya harus berlipat-lipat untuk mengejar ketertinggalan. Pastikan potensi anak-anak kita untuk jadi insan yang cerdas termanifestasi dengan baik,” tukasnya. @DF

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.