Empat Daerah yang Siap Pilkada Serentak

Empat Daerah yang Siap Pilkada Serentak
Posted by:

pilkada-300x190Pemprov Banten menjamin pelaksanaan pilkada serentak di empat daerah siap dilaksanakan pada Desember 2015, bersama daerah lainnya di Indonesia.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten Sitti Ma’ani Nina di Serang, Senin, mengatakan empat daerah di Banten yang akan melaksanakan Pilkada yakni Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kota Tangerang Selatan.

Namun sebelumnya Kabupaten Pandeglang sempat terkendala kesiapan Pilkada tersebut karena soal anggaran, namun demikian akhirnya Pemda Pandeglang menyatakan siap.

“Awalnya Pemprov Banten siap membantu pengganggaran untuk Pilkada Pandeglang, jika Pemkab Pandeglang tidak bisa mengalokasikan. Namun, berdasarkan hasil koordinasi terbaru saat ini Pemkab Pandeglang untuk pendanaan pilkadanya sudah cukup dari APBD 2015 Kabupaten Pandeglang sekitar Rp49,93 miliar,” kata Nina.

Dengan demikian, kata Nina, untuk Pilkada di Kabupaten Pandeglang tidak diperlukan bantuan pendanaan dari Pemprov karena dana yang tersedia sudah mencukupi. “Hari ini Pemprov Banten juga diundang Kemendagri melakukan Rakor Persiapan Pilkada Serentak tahun 2015,” kata Nina.

Ia mengatakan dengan kesiapan Pemkab Pandeglang tersebut, maka empat daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak akhir Desember 2015 tersebut sudah dinyatakan kesiapannya dan tidak ada kendala. “Jadi pelaksanaan pilkada di Banten di empat daerah yakni Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Tangsel, dan Pandeglang siap digelar,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriyatna mengatakan bukti persiapan pelaksanaan pilkada di masing-masing daerah di Banten yakni sudah ditandatanganinya Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk anggaran Pilkada dari Pemerintah daerah ke KPU.

“NPH-Dnya sudah ditandatangani. Berarti empat daerah sudah siap masalah anggarannya. Sekarang semua daerah sudah memasuki tahapan perekrutan PPK dan PPS,” kata Agus.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banten Pramono U Tantowi menambahkan saat ini Bawaslu Banten juga telah melakukan rekruitment untuk anggota panwaslu empat kabupaten/kota. Bahkan, dua panwaslu yakni Panwaslu Kabupaten Serang dan Kota Cilegon sudah dilantik. Sementara panwaslu Kabupaten Pandeglang dan Kota Tangsel masih dalam proses uji kelayakan dan kepatutan di Bawasalu Banten.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno serta Para Gubernur se Indonesia dan bupati/walikota yang mengikuti Pilkada serentak tahun 2015, mengikuti rapat kordinasi persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2015 di Balai Kartini Jakarta, Senin.

Tahun 2015 ini Provinsi Banten akan menyelenggarakan Pemilukada serentak di empat daerah yaitu Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kota Tangerang Selatan.

Kepala Daerah di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon berakhir Juli 2015. Kemudian di Kabupaten Pandeglang habis masa jabatan pada Februari 2016 dan Kota Tangerang Selatan habis masa jabatan pada Maret 2016.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan Rakor Pilkada serentak yang diselenggarakan Kemendagri, dimaksudkan untuk membangun harmonisasi dan sinergitas dari seluruh stakeholder dalam rangka mendukung kelancaran penyelengaraan pilkada serempak. (adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.