Eko Sulistyo : Industrialisasi Politik Melahirkan Pejabat Korup

Eko Sulistyo : Industrialisasi Politik Melahirkan Pejabat Korup
Posted by:

korantangerang.com – Dalam rangka peluncuran Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Deputi Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo, menyampaikan pokok-pokok pikiran dalam diskusi ‘Kekeliruan Kebebasan Kebablasan’ di aula Jaya Suprana Institute Mall of Indonesia (MoI) Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Senin (17/4/2017).

Dalam makalahnya, Eko Sulistyo mengungkapkan, pada 2005 Demos Institute pernah melakukan riset dan mendapatkan kesimpulan bahwa telah terjadi pembajakan demokrasi oleh para elit atau oligarki politik atas lembaga-lembaga politik formal, baik legislatif maupun eksekutif.

Lanjutnya, Jeffry Winters dan Marcus Meitzner pada 2014 sebagai peneliti Indonesianis menyatakan oligarki politik tetap menguasai lembaga-lembaga politik formal, hukum, media massa, bahkan lembaga keagamaan.

Menurutnya, berbagai praktek korupsi yang dilakukan pejabat publik dan para politisi, menunjukan bahwa industrialisasi politik melahirkan pejabat korup untuk membiayai ongkos politiknya yang mahal.

“Kebablasan demokrasi dalam pernyataan Presiden Joko Widodo adalah kritik ke dalam institusi formal demokrasi, legislatif, eksekutif dan Yudikatif yang gagal mengawal institusi demokrasi menjadi lebih efektif, tetapi malah menjadi parasit bagi demokrasi dengan memanfaatkan retorika dan ruang demokrasi,” katanya. (Bd)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.