Efek Berkepanjangan Bisa Terjadi Dari Keseleo

Korantangerang.com – Banyak olahraga yang memiliki risiko cedera, terutama keseleo atau cedera pada pergelangan kaki. Tetapi, tidak sedikit yang menganggap sepele keseleo. Padahal cedera tersebut bisa menimbulkan efek jangka panjang yang bisa mengganggu aktivitas di masa depan.

Baru-baru ini dilakukan penelitian di Amerika Serikat kepada manusia dan hewan, untuk menunjukan bahwa keseleo dapat berpotensi mengubah seberapa baik seseorang bergerak dan berjalan. Apalagi pergelangan kaki yang sehat sangat penting untuk kita bergerak dan berjalan.

“Pergelangan kaki adalah dasar penopang tubuh,” ucap Tricia Hubbard-Turner, profesor kinesiologi University of North Carolina di Charlotte, Amerika Serikat, dikutip dari NY Times dan ditulis pada Jumat (18/9/2015).

Pergelangan kaki adalah bagian tubuh yang sangat rapuh dan rentan. Terlebih, banyak olahraga menggunakan kekuatan kaki, seperti berlari dan futsal.

Oleh karena itu, kekhawatiran terbesar muncul terhadap orang-orang yang sering berasumsi bahwa keseleo akan sepenuhnya sembuh dalam waktu 2 sampai 3 minggu, dengan atau tanpa bantuan medis.

 

(ANI)