Disnaker Kota Tangerang Programkan Mini Job Fair

korantangerang.com – Guna menekan jumlah pengangguran di Kota Tangerang, sejumlah program telah disusun oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker). Salah satunya adalah menggelar bursa kerja (job fair). Bahkan pada Mei lalu, Disnaker sukses menggelar event serupa dengan ribuan lowongan dalam dan luar negeri di Tang City Mall yang bertepatan dengan usainya kelulusan siswa SMA/SMK.

Event serupa juga direncanakan kembali digelar namun dengan ruang lingkup yang lebih kecil yakni mini job fair. Direncanakan kegiatannya bakal diselenggarakan pada September dan November mendatang. Kepala Bidang Penempatan Ketenagakerjaan Disnaker Kota Tangerang, Mahdiar mengatakan, mini job fair akan diselenggarakan di kecamatan-kecamatan. “Di antaranya Kecamatan Tangerang dan Ciledug dan Larangan,”ujar Mahdiar ketika ditemui sebelum mengikuti apel dan halal bihalal di Plaza Puspemkot Tangerang, Senin (11/7/2016). Mahdiar, menjelaskan, dipilihnya wilayah-wilayah kecamatan yang dimaksud adalah untuk memberikan kesempatan yang sama kepada masing-masing kecamatan. “Pertimbangannya kenapa tiga wilayah itu, ya kita rolling saja,”jelas mantan lurah ini.

Apa yang membedakan mini job fair dengan job fair adalah, jumlah perusahaan yang diikutkan. “Kita dalam mini job fair hanya ada 10 perusahaan yang diundang.  Terkait arus urbanisasi yang kemungkinan akan menambah jumlah pencari kerja, pria berperawakan tinggi ini mengungkapkan berdasarkan pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, biasanya tidak terlalu berpengaruh secara signifikan. “Tidak terlalu mempengaruhi,” ujarnya.

Sementara, Walikota Tangerang H. Arief R Wismansyah mengatakan, pada dasarnya Kota Tangerang terbuka untuk semua untuk mereka yang ingin mengadu nasib. Hanya saja, mereka harus mempunyai jaminan bahwa mereka pasti dapat kerja di sini dan juga mempunyai keahlian. “Kalau tidak demikian, disarankan untuk tidak datang ke Kota Tangerang,” jelasnya. @ADVERTORIAL/HMS