Dinkes Kabupaten Tangerang Gelar Peringatan Hari Lansia Nasional 2016

Dinkes Kabupaten Tangerang Gelar Peringatan Hari Lansia Nasional 2016

korangtangerang.com-Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke XXI Tahun 2016, di Lapangan Maulana Yudha Negara Puspemkab Tangerang, Selasa (20/9).

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Tangerang Hermansyah menyampaikan, peringatan HUT Lansia merupakan momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap kehidupan orang tua dan para lansia. Melalui peringatan ini mencoba untuk menjawab tantangan apa yang harus dilakukan untuk menjadikan kehidupan para Lansia yang lebih mandiri dan sejahtera.

“Kita mempunyai posbindu dengan tenaga dari puskesmas, agar dimanfaatkan oleh para lansia untuk melaksanakan bimbingan, pelatihan dan kegiatan lainnya jadi bukan hanya kesehatan saja,”ucapnya.

Hermansyah menambahkan, Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui program-program unggulan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah yang menyentuh langsung terhadap kebutuhan sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Tangerang. Serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya para lansia agar diberikan pembinaan untuk pemeliharaan kesehatan rohani dan jasmani.

“Saya ucapkan terimakasih kepada orang-orang terdahulu, para orang tua ataupun lansia karena mereka semua seperti pahlawan tanpa tanda jasa yang tanpa pamrih memberikan kita bekal hidup dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat,”tutur Hermansyah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Naniek Isnaini menyampaikan, keberadaan para Lanjut Usia memiliki makna tersendiri dalam kehidupan manusia baik di lingkungan rumah tangga maupun dalam kehidupan bangsa dan negara. Dengan semakin meningkatnya jumlah usia lansia yang diperkirakan pada Tahun 2016 sebesar 28,8 juta = 11,34 persen dari jumlah total penduduk Indonesia atau sekitar 237.556.363 juta orang akan berusia di atas 68,8 Tahun. Pemerintah dituntut untuk memberikan perhatian khusus pada kelompok ini.

Untuk diketahui,  lansia di tempat layanan dan jumlah kader lansia Kabupaten Tangerang  sebanyak 616.395. Jumlah Kader Posbindu Kabupaten Tangerang sebanyak 696 yang terdiru dari 439 Kader Terlatih dan 257 Kader Tidak Terlatih. Puskesmas Santun Lansia ada 8 (PKM Kelapa Dua, Balaraja, Jambe, Legok, Sindang Jaya, Rajeg, Sukamulya dan Kotabumi) 3 Panti Kelapa Dua.

Msih dalam kesempatan yang sama, Djuju Sukarja selaku Ketua Pokjatap Lansia Kabupaten Tangerang menyampaikan dua hal kepada para Lansia yaitu agar ikut peran serta dan andil dalam kegiatan ataupun program pemerintah pusat khususnya Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Kedua harus mandiri dalam segala bidang untuk tidak mengandalkan kepada yang muda agar nantinya tidak ketergantungan.

“Dihimbau kepada siapapun yang mendapat gelar lansia diharapkan agar tetap eksis atau ada serta hadir dalam kegiatan apapun dan program apapun agar tetap bersinergi dengan pemerintah,” ucapnya.(Rizki/Dimas)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.