da Laboratorium Budaya di RPTRA NUSANTARA Ulujami

da Laboratorium Budaya di RPTRA NUSANTARA Ulujami

Jakarta – RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Nusantara Ulujami yang berdomisili di Jalan Haji Buang, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, sarat akan kegiatan seni dan budaya dalam rangka menumbuh kembangkan kreativitas anak-anak yang berada di wilayah Kelurahan Ulujami dan sekitarnya.

Menurut Koordinator Pengelola RPTRA Nusantara Abdul Azis, kegiatan di RPTRA Nusantara full setiap harinya. Mulai dari kegiatan tempat bermain dan bersosialisasi anak-anak juga menjadi tempat atau wadah bagi perkembangan kreativitas anak-anak dalam menumbuh kembangkan bakat yang dimilikinya.

“Kalau sore hari RPTRA ini ramai dikunjungi oleh anak-anak yang ditemani orangtuanya. Sementara anak-anaknya bermain dengan permaianan yang fasilitasnya sudah disediakan, orangtuanya mengawasi sambil bersosialisasi dengan orang tua lainnya. Sehingga hal tersebut semakin mengakrabkan warga yang tinggal di wilayah Kelurahan Ulujami ini,” beber Abdul Azis.

Ditambahkan Abdul Azis, keberadaan RPTRA Nusantara ini amat besar manfaatnya bagi warga Ulujami. Selain menjadi tempat bermain dan bersosialiasi, juga menjadi tempat ‘mengakrabkan diri’ para orang tua. Sehingga para orang tua yang tadi tidak kenal menjadi kenal. Yang tadinya kenal tapi tidak akrab menjadi akrab akibat seringnya bertemu dan ngobrol di RPTRA Nusantara ini.

“Selain adanya aneka permainan di RPTRA ini juga ada perpustakaan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak, bahkan orang tua. Sementara untuk kegiatan rutin yang diadakan oleh pengelola selain seni bela diri Beksi juga ada laboratorium budaya dalam rangka mengembangkan bakat anak dan meningkatkan kreativitas mereka,” terang Abdul Azis.

Lewat laboratorium budaya, masih kata Abdul Azis, pihaknya membuat Institut Kreativitas Anak Nusantara. Latihannya setiap hari Sabtu dan hari Minggu dengan metode tutor (pendamping). Di mana anak-anak yang aktif ikut latihan diberikan kebebasan sebebas-bebasnya untuk mengembangkan ekspresi kesenian yang ada dalam diri mereka.

“Memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk berekspresi sebebas-bebasnya sesuai dengan keinginan mereka merupakan cara yang tepat untuk menghindari anak dari sikap jenuh sehingga nantinya tidak ada istilah stagnasi (bosan dan berhenti latihan) dalam berkesenian,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Abdul Azis selaku koordinator pengelola RPTRA Nusantara Ulujami amat berterima kasih kepada Lurah Ulujami Ahmad Hasan Husaini, S.Sos yang begitu perhatian terhadap setiap aktivitas yang ada di RPTRA Nusantara.

“Perhatian yang lebih dari cukup dari Kelurahan Ulujami, khususnya dari Pak Hasan selaku lurah, membuat setiap aktivitas yang sudah terprogram dapar berjalan dengan baik dan lancar. Sementara program yang akan dijalankan, segera dibantu untuk segera bisa terealisasi jika program itu memang dirasa bermanfaat untuk warga Ulujami, khususnya bermanfaat untuk ana-anak yang merupakan calon pemimpin di masa depan,” jelasnya.

Pendek kata, masih kata Abdul Azis, Ahmad Hasan Husaini, S.Sos selaku Lurah Ulujami benar-benar sudah menempatkan dirinya sebagai ‘bapak asuh’ bagi anak-anak yang tinggal di wilayah Kelurahan Ulujami. (Jamiel Loellail Rora)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.